fbpx

3 CARA AL YUMNA FI UNTUK MEMBUAT KITA LEBIH PEDULI

  • Bagikan
AL YUMNA FI UNTUK MEMBUAT KITA LEBIH PEDULI
Aktivis Al Yumna Fi membagi peralatan sekolah kepada siswa yang membutuhkan. Foto : Bloranews

Cepu – Tidak mudah menumbuhkan harapan kepada mereka yang telah berputus asa dengan nasibnya. Dibutuhkan motivasi, sikap peduli dan keteladanan yang menginspirasi untuk kembali menghidupkan harapan kepada para dhuafa (orang-orang yang lemah ekonomi : red). Yayasan Al Yumna Fi adalah satu dari sekian banyak lembaga sosial pendidikan yang melaksanakan tugas mulia ini, menumbuhkan harapan kepada kaum dhuafa.

 

AL YUMNA FI UNTUK MEMBUAT KITA LEBIH PEDULI
Aktivis Al Yumna Fi membagi peralatan sekolah kepada siswa yang membutuhkan. Foto : Koleksi Yumna Fi

 

Yayasan Al Yumna Fi dirintis sejak tahun 2014. Secara resmi, disahkan pada 23 Maret 2016 melalui surat keputusan Menteri Hukum dan HAM nomor AHU-0016760.AH.01.04.Tahun 2016. untuk mencapai tujuannya, Yayasan Al Yumna Fi melaksanakan tiga program yang bergerak pada tiga bidang yang berbeda, yaitu sosial, pendidikan dan keagamaan. Sekretariat Al Yumna Fi berlokasi di Jalan Giyanti No.36 Karang. RT.5/RW.3 Ngroto, Cepu.

Program bidang sosial adalah Proseru2B dan Prokabe. Proseru2B merupakan program sedekah rutin tiap dua bulan, dalam program ini dibagikan sembako kepada para dhuafa yang membutuhkan. Sedangkan Prokabe merupakan program kakak asuh berkala, dimana para kakak asuh / dermawan akan memberikan bantuan kepada siswa SD / SMP / SMA yang tidak mampu. Bantuan dalam Prokabe dapat berupa uang saku maupun biaya pendidikan sesuai dengan kemampuan pendonor / kakak asuh / dermawan.

Program bidang pendidikan adalah Gesit Anak Indonesia. Kegiatan yang dilakukan adalah kunjungan ke sekolah-sekolah (TK / SD / SMP/ SMA ) untuk memberikan motivasi dan inspirasi. Dalam kegiatan tersebut sering diisi dengan kelas dongeng maupun acara luar ruangan (outdoor). Tujuan program ini adalah menumbuhkan motivasi siswa agar memiliki keinginan untuk tau lebih banyak (tentang banyak hal) dan pantang menyerah.

Program keagamaan Yayasan Al Yumna Fi mengadakan kelas mengaji di Mushola Al Qomari Ngroto, Cepu. Di kelas mengaji tersebut para siswa selain dibekali kemampuan ilmu agama juga ditekankan dalam menjalankan akhlak / karakter yang terpuji.

“Sementara ini, sumber dana Yayasa Al- Yumna Fi berasal dari donator, iuran pribadi anggota serta Al Yumna Fi sendiri memiliki usaha berupa sebuah bimbingan belajar private yang bernama Kristall Private, dimana hasil keuntungan bersih bimbingan belajar ini di gunakan untuk mendanai kegiatan-kegiatan Al Yumna Fi” ujar Kristi Yuana, sekretaris Yayasan Al Yumna Fi [.]

Reporter : Muhammad Eko

banner 120x500
  • Bagikan