fbpx

5 KESENIAN KHAS BLORA YANG BIASA MEWARNAI MOMEN SEDEKAH BUMI

Gas deso bogorejo
Kirab ancak (gunungan) dalam rangka Sedekah Bumi Desa Bogorejo Kecamatan Bogorejo Kabupaten Blora

Blora, BLORANEWS – Sedekah Bumi atau yang sering disebut Gasdeso oleh masyarakat Blora merupakan tradisi yang tak lekang dimakan zaman. Sedekah Bumi biasanya diselenggarakan usai panen raya. Hal itu sebagai perwujudan rasa syukur masyarakat atas hasil panen yang melimpah. 

Di Blora sendiri, perayaan Sedekah Bumi identik dengan gelaran kesenian khas sebagai pengiring. Dan bentuk iringan keseniannya pun cukup variatif. Apa saja? berikut bloranews rangkumkan ulasannya. 

Kesenian Khas Blora yang biasa mewarnai momen Sedekah Bumi di Kabupaten Blora: 

BACA JUGA :  BLORA KUMANDHANG SEGERA DIGELAR DI TMII

1. BARONGAN BLORA 

Barongan Blora merupakan kesenian yang sangat populer di masyarakat. Pertunjukan Barongan sering digelar pada agenda-agenda desa seperti Sedekah Bumi. Barongan sendiri biasanya dipertunjukkan dengan dua gaya, yakni dengan lakon (alur cerita) dan tanpa lakon (berupa pawai/arak-arakan). 

2. TAYUB BLORA 

Tayub Blora sering digelar dalam berbagai agenda di Blora. Lazimnya, pertunjukkan Tayub digelar pada pesta pernikahan. Selain itu pertunjukkan Tayub juga kerap ditampilkan dalam agenda tahunan desa seperti Sedekah Bumi. Bahkan, pemerintah daerah pernah mengagendakan Festival Tayub Nusantara di Taman Rekreasi Tirtonadi Blora sebagai ajang pelestarian. 

BACA JUGA :  BUPATI ARIEF KETIBAN SAMPUR

3. KADROHAN/TERBANGAN 

Kadrohan atau Seni Hadroh di Blora lahir di berbagai kecamatan/desa yang memiliki kultur santri yang kental. Di Kecamatan Blora Kota dan Kecamatan Ngawen, keseniah Hadroh berkembang dengan pesat. Seni hadroh biasa ditampilkan untuk mengisi acara-acara pengajian, khitanan, perkawinan dan tak jarang pula Gasdesonan. 

4. KETHOPRAK 

Pertunjukan Kethoprak di Blora merupakan pertunjukan yang diminati oleh sebagian besar masyarakat Blora, tua maupun muda. Beragam lakon ditampilkan dalam pertunjukan ini. Di Blora terdapat belasan grup Kethoprak yang siap melayani berbagai agenda. Tak terkecuali agenda tahunan Sedekah Bumi. 

BACA JUGA :  LOMBA BARONGAN ANAK AKAN RAMAIKAN DEKRANASDA BLORA EXPO 2018

5. KARAWITAN 

Karawitan merupakan kesenian yang kerap ditampilkan dalam agenda pernikahan. Fungsi utama dari seni Karawitan adalah untuk menghibur tamu pada pesta pernikahan dengan iringan musik jawa. Seperangkat gamelan lengkap menjadi senjata utama grup Karawitan untuk menyemarakkan upacara pernikahan. Selain pernikahan, Karawitan juga tak jarang ditampilkan dalam agenda lainnya seperti Sedekah Bumi. (Kin).