fbpx

BALONG – JEPON, SENTRA CINDERA MATA KERAMIK DI KOTA MUSTIKA

  • Bagikan
Nyomo, kepala desa Balong Jepon memaparkan desanya sebagai sentra kerajinan keramik di Blora. Foto : Bloranews
Nyomo, kepala desa Balong Jepon memaparkan desanya sebagai sentra kerajinan keramik di Blora. Foto : Bloranews

Jepon- Hampir separuh lebih penduduk Blora berprofesi sebagai petani. Tidak terkecuali di kecamatan Jepon, aktivitas pertanian merupakan kesibukan masyarakat Jepon sehari-hari.

Berbeda dengan desa-desa lainnya, desa Balong Jepon tumbuh menjadi desa dengan kegiatan industri gerabah. Usaha gerabah rumahan banyak bermunculan di desa ini. Selain memproduksi kebutuhan produk gerabah pakai semisal genteng, di desa tersebut juga diproduksi keramik tanah liat dengan sentuhan seni.

Nyomo, kepala desa Balong, Jepon memaparkan kegiatan produksi gerabah yang ada di desa tersebut. Dalam penuturannya, produk gerabah hasil karya warga Balong telah menembus pasar nasional.

“Genteng dari desa ini banyak diminati konsumen lokal maupun luar kota. Produksi gerabah di sini membantu peningkatan kemampuan ekonomi warga” jelasnya.

Menurut penuturan Nyomo, produk kerajinan keramik Balong menjadi produk unggulan desa tersebut. Sekalipun tidak banyak warga yang memproduksi keramik, namun beberapa pengrajin keramik Balong mampu memenuhi permintaan pasar.

Nyomo mengajak Bloranews.com mengunjungi salah satu pengrajin keramik di desa Balong. Beberapa tahap harus dilalui untuk menciptakan sebuah produk keramik cantik yang menjadi produk unggulan desa tersebut.

[ baca : ANTOK, MENGOLAH TANAH LIAT MENJADI KERAMIK CANTIK)

“Membuat keramik itu tidak mudah. Selain perlu ketelitian dan ketekunan, produk yang dihasilkan harus memiliki sisi seni. Ini yang bikin sulit, tidak banyak orang memiliki cita rasa seni” ujarnya sambil tertawa [.]

Reporter : Jack Priyanto

banner 120x500
  • Bagikan