fbpx

BIDIK PERTANIAN CABAI, POKTAN SIDO MUKTI DESA SEMPU SIAPKAN LAHAN 63 HEKTAR

  • Bagikan
Pengurus Poktan Sido Mukti di sela kegiatan adat sedekah bumi di Dukuh Guplo Kulon Desa Sempu Kecamatan Kunduran, Rabu (01/08).

Kunduran – Harga komoditas cabai yang cukup menjanjikan, membuat kelompok tani (Poktan) Sido Mukti Desa Sempu Kecamatan Kunduran membidik komoditas ini untuk musim tanam selanjutnya. Lahan seluas 63 hektar dipersiapkan untuk bertani cabai yang dimulai pada akhir Agustus nanti.

Pendamping Poktan Sido Mukti, Sudarto mengatakan untuk mewujudkan hal ini, pihaknya telah menggandeng rekanan penyedia bibit cabai. Target panen yang ingin dicapai, adalah 6 ton cabai per hektar.

 

Pengurus Poktan Sido Mukti di sela kegiatan adat sedekah bumi di Dukuh Guplo Kulon Desa Sempu Kecamatan Kunduran, Rabu (01/08).

 

“Tentu bukan dilakukan oleh anggota Poktan Sido Mukti yang diketuai oleh Jiyanto saja, tapi juga masyarakat petani di Desa Sempu Kunduran secara umum. Dengan asumsi harga cabai di angka Rp. 12 ribu per kilogram, maka harga jual kotor mencapai Rp. 4,5 milyar,” ujar Sudarto, Rabu (01/08).

Sudarto menambahkan, minat warga dalam menanam cabai tergolong tinggi. Hal ini terlihat saat dilakukan penjualan bibit cabai di depan panggung ketoprak dalam rangka sedekah bumi di Dukuh Guplo Kulon Desa Sempu.

“Kita menggandeng rekanan penyedia bibit cabai, PT Agro Mandiri. Buktinya, respon para petani cukup bagus. Ada 1512 bungkus (pcs) bibit cabai yang terjual hari ini,” pungkasnya.

 

Reporter : Jacko Priyanto

 

banner 120x500
  • Bagikan
error: Konten dilindungi!!