fbpx

BLK BLORA GELAR PELATIHAN KERJA BERBASIS KOMPETENSI TAHAP III 2023

Blora, Bloranews.com – Pelatihan keterampilan bagi pencari kerja berbasis kompetensi secara intensif dilaksanakan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinnaker) Kabupaten Blora, Jawa Tengah. 

Kepala Dinas Perinnaker Blora Endro Budi Darmawan, SE., M.Si., melalui Plt. Kepala UPTD BLK Dinperinnaker Blora Dwi Hanto Bagus Sulistyono, ST menjelaskan untuk tahap ketiga di tahun 2023, BLK Blora membuka empat kelas kejuruan yakni tata boga (pembuatan roti), bordir, batik dan salon kecantikan.   

Pihaknya menyampaikan tujuan pelatihan yaitu untuk meningkatkan keterampilan bagi para peserta dalam bidang kejuruan masing-masing, sehingga para peserta mendapat ilmu dalam bidang yang diikuti.

“Melalui pelatihan ini nantinya mereka bisa mendapat dan menciptakan pekerjaan yang layak dengan bekal yang telah diterima selama pelatihan,” katanya, di Blora, Rabu (2/8/2023).

Jumlah peserta sebanyak masing-masing kelas kejuruan 16 orang, pelaksanaan dimulai 10 Juli 2023. Peserta wajib masuk setiap hari Senin sampai dengan Sabtu. Sedangkan tempat pelatihan di BLK Blora. Pelatihan mel;ibatkan

Untuk kelas tata boga (pembuatan roti) selesai 3 Agustus 2023. Sedangkan tiga kelas lainnya selesai 25 Agustus 2023.

“Para peserta nanti bisa ikut uji kompetensi, untuk kelas tata boga rencana 8 Agustus 2023, sedangkan kelas batik, boga, salon dan bordir masih pengajuan,” tambahnya.   

Pelatihan itu semua sudah dibiayai oleh pemerintah melalui APBN 2023, bahkan mendapatkan jaminan dari BPJS Ketenagakerjaan.

Selain melaksanakan pelatihan di BLK Blora, pelatihan juga dilaksanakan di sejumlah desa, yaitu pelatihan menjahit di desa Sembongin dan pelatihan mekanik sepeda motor di desa Bacem  Kecamatan Banjarejo. Kemudian, di desa Punggursugih Kecamatan Ngawen digelar pelatihan batik. Hanya saja pelatihan itu dilaksanakan menggunakan anggaran APBD Kabupaten Bora 2023.   (DINKOMINFO BLORA).

Verified by MonsterInsights