fbpx

CEGAH PERMAINAN HARGA DENGAN APLIKASI MBAKOL

UPDATE HARGA SEMBAKO DI KABUPATEN,
Tampilan aplikasi mBakol

Blora, BLORANEWS – Di momen Ramadhan, permainan harga bahan pokok kerap kali terjadi lantaran di bulan suci ini kebutuhan masyarakat meningkat drastis. Maka tak heran jika ada beberapa pedagang yang memainkan harga seenak udelnya guna mengeruk keuntungan sebanyak-banyaknya.

Berangkat dari fenomena itu, Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM (Dindagkop UKM) Blora Kiswoyo mengimbau masyarakat agar tetap tenang. Sebab masyarakat kini bisa memantau langsung kondisi harga kebutuhan pokok melalui aplikasi Manajemen Bahan Pokok Online (Mbakol).

“Masyarakat jangan terlalu terkejut jika nanti ada kenaikan harga bahan pokok di tengah-tengah Ramadhan. Ketersediaan bahan pokok saat ini masih relatif normal. Hal tersebut juga bisa dipantau oleh masyarakat umum melalui aplikasi Manajemen Bahan Pokok Online (Mbakol) milik pemkab,” jelas Kiswoyo.

Aplikasi Mbakol ini bisa diakses masyarakat Blora secara universal. Dengan aplikasi ini masyarakat Blora bisa mendeteksi ketersediaan dan harga bahan pokok di pasaran sebelum melakukan aktifitas muamalah.

“Sehingga kita bisa memantau jika ada kenakalan pedagang atau masyarakat lain yang menimbun ataupun memainkan harga,” imbuhnya.

Kepada para pedagang, Kadindagkop UKM Blora mengimbau agar tidak ada permainan harga di Bulan Ramadhan tahun ini. Jika ada yang nekat memainkan harga bahan pokok maka akan dilakukan penindakan aparat kepolisian.

“Para pedagang jangan sampai melakukan kecurangan memainkan harga ataupun menimbun ketersediaan bahan pokok selama Ramadan. Kecurangan nantinya akan ditindaklanjuti pihak kepolisian setempat,” tegas Kiswoyo. (Kin)

Verified by MonsterInsights