fbpx

DI BLORA, ADA 2829 PENYANDANG DISABILITAS

  • Bagikan
DI BLORA, ADA 2829 PENYANDANG DISABILITAS

Blora – Jumlah penyandang disabilitas di Blora cukup mencengangkan. Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Kabupaten Blora mencatat jumlah penyandang difabel sebanyak 2.829 orang yang tersebar di 16 kecamatan di 295 desa/kelurahan.

Dilansir media online Tempo, jumlah ini terdiri atas penyandang disabilitas mental sebanyak 35 orang, difabel grahita 346 orang, laras 305 orang, serta difabel ganda 98 orang. Selanjutnya, tunanetra 353 orang, tunadaksa 799 orang, dan insan tuli 334 orang, Sabtu (28/07).

 

Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak mencatat ada 353 penyandang tunanetra di Kabupaten Blora.

 

Selain itu, ada pula penyandang disabilitas anak. Terdiri atas, tunadaksa 180 anak, difabel netra 25 anak, tuli 89 anak. Disabilitas mental sebanyak 9 anak, grahita 162 anak, ganda sebanyak 61 anak, serta laras sebanyak 33 anak. Jika ditotal, jumlah penyandang disabilitas anak mencapai 559 anak.

Meski demikian, semangat para penyandang disabilitas untuk terus menorehkan prestasi patut mendapatkan apresiasi. Salah satunya, adalah dengan adanya Batik Blora karya penyandang disabilitas. Bahkan, Presiden Jokowi dan pelawak Cak Lontong pun bangga mengenakan busana ini.

“Misalnya, membuat kerajinan batik difabel Blora yang sudah sampai ke Presiden. Selain itu artis Cak Lontong juga menggunakan batik karya difabel Blora,” ujar Wakil Bupati Blora Arief Rohman dalam pelatihan Disability Inclusive Development yang diselenggarakan beberapa waktu yang lalu.

Arief menambahkan, kegigihan dan semangat para penyandang disabilitas ini perlu dihargai serta didukung oleh semua pihak.

 

Reporter : Ika Mahmudah

  • Bagikan