fbpx

PENYANDANG DISABILITAS IKUT PARTISIPASI TANGGAP BENCANA

  • Bagikan
Penyandang disabilitas dalam apel kesiapsiagaan bencana.

Semarang – Apel kesiapsiagaan menghadapi ancaman bencana pada musim penghujan 2021-2022 dan dampak la nina di jateng, penyandang disabilitas, Suwanto (41) ikut serta berpartisipasi sebagai relawan kebencanaan.

“Saya lakukan ini ya karena keinginan untuk berguna bagi orang lain. Saya tergabung di relawan Covid-19 dan juga relawan Tagana. Sudah berkali-kali terjun ke daerah bencana, misalnya banjir di Semarang waktu lalu,” terangnya, Selasa (09/11).

Ia mengaku telah tergabung dalam Komunitas Lidi sejak tahun 2017, tersebut aktif bergerak di bidang sosial hingga menjadi relawan kebencanaan di Jateng. Dirinya menderita penyakit Polio sejak kecil itu kerap terjun ke daerah bencana untuk membantu masyarakat di sana.

“Saya saja yang begini bisa ikut bantu, maka untuk orang lain ayo kita bantu. Kalau kita membahagiakan orang lain, pasti orang lain akan membahagiakanmu,” imbuhnya.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo memimpin apel tersebut terharu dan bangga melihat kawan-kawan difabel yang mengabdikan dirinya sebagai relawan.

“Saya minta agar Suwanto dan kawan-kawannya menggerakkan seluruh kekuatan komunitasnya untuk membantu. Sebab, jika terjadi bencana alam, merekalah yang tahu bagaimana caranya menyelamatkan diri dan menyelamatkan penyandang disabilitas,” pungkasnya. (njb).

  • Bagikan