5 JAMU TRADISIONAL YANG POPULER DI BLORA

Jamu di Blora

Empon-empon dan hasil alam lainnya sebagai bahan dasar pembuatan jamu banyak tersedia di Blora

Blora (28.07.2016) Di tengah era globalisasi, jamu tradisional cukup diminati di Blora. Selain karena rasanya yang ngangeni, jamu tradisional juga memiliki banyak khasiat. Bahan pembuatannya terdiri dari bahan-bahan alami sehingga aman dikonsumsi dari orang dewasa sampai anak-anak. Berikut ini, lima jamu tradisional yang populer di Blora.

  1. BERAS KENCUR

Beras kencur merupakan jamu tradisional yang memiliki khasiat utama meningkatkan nafsu makan dan mencegah maag. Berwarna kuning kecoklatan dan rasanya manis dan sedidkit pedas. Bahan pembuatannya adalah tepung beras, rimpang kencur, rimpang jahe, gula jawa dan asam kawak.

  1. UYUP-UYUP / WEJAH

Uyup-uyup / Wejah memiliki khasiat melancarkan ASI, sangat cocok bagi wanita yang sedang menyusui. Khasiat lain dari jamu Uyup-uyup adalah mengurangi bau badan. Jamu Uyup-uyup berwarna kuning terang karena bahan utamanya adalah kunyit. Selain berguna untuk wanita yang sedang menyusui, jamu Uyup-uyup juga baik untuk para remaja putri.

  1. KUNIR ASEM

Tubuh yang langsing adalah dambaan setiap wanita, jamu tradisional yang tepat untuk mendapatkan tubuh yang langsing adalah Kunir Asem. Kunir Asem juga dapat mengurangi bau badan. Sesuai dengan namanya, jamu Kunir Asem dibuat dengan bahan utama Kunyit dan Asam Jawa.

  1. CABE PUYANG

Cabe Puyang dibuat dari racikan rimpang Jahe, Cabai Jawa  (Piper retrofractum vahl), Kunyit dan Adas dan rimpang Temulawak. Khasiat utama jamu Cabe Puyang adalah menghilangkan rasa pegal-pegal, meredakan kram otot dan menghilangkan meriang. Cabe Puyang memiliki rasa yang pahit, disarankan untuk menambahkan gula jawa kedalam larutan jamu sebelum dikonsumsi.

  1. PAITAN SAMBIROTO

Paitan Sambiroto memiliki rasa pahit yang berasal dari bahan pembuatan jamu ini, daun Sambiroto. Sambiroto (ejaan lain : Sambiloto) banyak terdapat di hutan-hutan di Blora. Khasiat utama dari Paitan Sambiroto adalah mengurangi rasa sakit akibat peradangan serta meredakan beberapa jenis alergi, gatal-gatal misalnya. Menurut pengalaman banyak pecinta jamu, Paitan Sambiroto juga dapat mengobati penyakit kencing manis [.]

Editor              : Tim Litbang Bloranews.com

Foto                 : Tim Grafis Bloranews.com

Sumber            : Hasil wawancara dengan Bu Nieswati, 21 tahun memproduksi jamu tradisional.

BACA JUGA :

5 KESENIAN KHAS KABUPATEN BLORA

5 MAKANAN KHAS KOTA MUSTIKA

5 KERAJINAN RAKYAT YANG ADA DI KABUPATEN BLORA

5 DESTINASI WISATA BELANJA KOTA MUSTIKA

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Comments are closed.