fbpx

JAVA ETHNIC ARTNIVAL TAMPILKAN BARONGAN

  • Bagikan
JAVA ETHNIC ARTNIVAL
Keluarga Mahasiswa Blora (KAMABA) Yogyakarta yang mempersembahkan kesenian Barongan Blora Foto : Kamaba Jogjakarta

Yogyakarta – Sejumlah perwakilan mahasiswa asal Jawa Tengah yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Pelajar Mahasiswa (IKPM)Jawa Tengah, mengelar acara Java Ethnic Artnival (JEA) di Monumen Serangan Umum 01 Maret Yogyakarta.

 

JAVA ETHNIC ARTNIVAL
Keluarga Mahasiswa Blora (KAMABA) Yogyakarta yang mempersembahkan kesenian Barongan Blora pada Java Ethnic Artnival  Foto : Kamaba Jogjakarta

 

JEA sendiri, merupakan rangkaian perayaan acara HUT IKPM JATENG ke 6 bertepatan pada 11 Maret 2017, yang digelar selama dua hari. Sebelumnya, juga diadakan Turnamen Futsal antar mahasiswa Jawa Tengah yang kuliah di Yogyakarta, Lomba Esai, dan Temu Mahasiswa, serta Lomba Foto.

Berbagai kesenian tradisional dan tari kontemporer ditampilkan dalam JEA oleh perwakilan kesenian dari masing-masing kabupaten. Salah satu dari 11 Organisasi Mahasiswa Daerah (ORMADA) yang ikut memeriahkan acara tersebut, dari Keluarga Mahasiswa Blora (KAMABA) Yogyakarta  yang mempersembahkan kesenian Barongan Blora.

“Dalam rangkaian perayaan acara ini dari KAMABA sendiri menampilkan kesenian barongan Blora. Sebuah kebanggaan bagi kami bisa membawakan kesenian Blora di Yogyakarta,” kata Ketua Umum KAMABA Yogyakarta Kholidi, Jum’at (21/4/2017).

Menurut Kholidi, para mahasiswa yang di luar Blora menjadi jembatan untuk mempromosikan Blora, khusunya di Yogyakarta. Penampilan Barongan pun cukup membuat banyak hadirin terpukau, yang turut dihadiri dari Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Tengah ini.

“Alhamdulillah, penampilan barongan semalam lancar. Ya, meskipun dari kami sendiri masih belum puas dan perlu evaluasi,” ujar Mahasiswa Fakultas Ushuludin UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ini.

Kedepan, lanjut pemuda asal Ngawen ini, mengharapkan bisa menampilkan budaya & kesenian Blora bukan hanya barongan, tapi semua yang bisa di eksplore di Blora akan ditampilkan. Serta kerjasama yang dilakukan akan terus berlanjut untuk kemajuan Blora. “Kami berterima kasih kepada Dinporabudpar Blora yang sudah memfasilitasi barongan dan alat musik,” pungkasnya.

Sementara itu, Mantan Ketua IKPM Jawa Tengah Dawamun Niam Al Fatawi menyebutkan penampilan kesenian tersebut, merupakan sebuah kontribusi dari pemuda khususnya mahasiswa Blora yang berada di Yogjakarta. Juga menjadi salah satu bentuk promosi wisata dan kebudayaan yang ada di Kabupaten Blora.

“JEA sebagai bentuk kepedulian dan eksistensi dari pentingnya mahasiswa dalam melestarikan budaya nenek moyang. Kalau tidak di mulai dari sekarang kapan lagi. Ini menjadi contoh dan gambaran besar bagi semua organisasi mahasiswa daerah,” tandas pemuda asal Blora ini.

Diketahui ormada yang ikut dalam acara tersebut, dari KKY Kudus, KAMAGAYO Grobogan, KAMABA Blora, FORSIMBA Batang, HIMACITA Cilacap, IMAKTA Kebumen, dan MASKARA Jepara.

Kemudian, IMKEY Kendal, IKANMAS Semarang, KAMUSUKA Klaten, KMDY Demak, KAMANGGA Purbalingga, KARISMA Magelang, KMPDB Brebes, MAHAKARYA Pekalongan, IMAGIRI Wonogiri, IMPP Pemalang, KMPP Pati, KAMAPURISKA Purworejo, KMB Banjarnegara, KPM Temanggung, KMB Boyolali, Hipotesa Tegal, KRY Rembang.

Reporter : Ngatono

banner 120x500
  • Bagikan