fbpx

JELANG PILKADES SERENTAK, KAPOLRES HIMBAU MASYARAKAT JAGA KAMTIBMAS

Kapolres berharap para calon Kades dan Tim Sukses mesti santun dan menghormati panitia penyelenggara Pilkades, calon Kades lain serta pendukungnya.

Blora – Semakin dekatnya waktu pemungutan suara Pilkades Serentak Kabupaten Blora tahun ini membuat suasana politik di desa yang akan melaksanakannya agak memanas. Untuk itu semua elemen masyarakat diharapkan dapat menjaga stabilitas kamtibmas untuk mewujudkan pilkades dalam keadaan damai, yang hanya tinggal hitungan hari lagi.

 

Kapolres Blora berharap para calon Kades dan Tim Sukses mesti santun dan menghormati panitia penyelenggara Pilkades, calon Kades lain serta pendukungnya.

 

Hal ini disampaikan Kapolres Blora AKBP Saptono dalam pengarahan Bupati Blora bagi calon Kepala Desa dan panitia Pilkades di Gedung DPRD Kabupaten Blora, agar menjelang pilkades serentak tidak menimbulkan kejadian yang meresahkan dan mengganggu keamanan, Kamis (13/7).

BACA JUGA :  INI TAHAPAN PILKADES SERENTAK BLORA 2019

“Kepada semua para panitia Pilkades, calon Kepala Desa, dan Tim Suksesnya juga dingatkan untuk tidak melakukan pelanggaran serta mematuhi kesepakatan bersama Forum Pilkades Damai di Kabupaten Blora,” pesan Kapolres AKBP Saptono.

Pihaknya menghimbau kepada masyarakat dalam pesta demokrasi tersebut, mesti disambut dengan rasa aman dan suka cita dalam rangka mencari sosok Pimpinan Desa yang berkualitas.

Kemudian, para calon Kades dan Tim Sukses mesti santun dan menghormati panitia penyelenggara Pilkades, calon Kades lain serta pendukungnya. “Dengan tidak membuat kegaduhan politik seperti menghasut dan menghujat, serta berpolitiklah secara humanis dan jujur,” ujarnya.

BACA JUGA :  POLRES BLORA SIAPKAN 279 PASUKAN PENGAMANAN PILKADES 2021

Dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan briefing dan diskusi kepada segenap anggota sebagai persiapan pengamanan dan antisipasi pilkades serentak di Blora.

“Kita harus memahami kapan dan obyek apa yang harus diamankan. Dalam pentahapan pilkades serentak, siapa saja yang harus kita kenal dan koordinasikan dalam tiap tahapan pilkades. Mapping di desa tentang potensi kerawanan, dan cara bertindak serta antisipasinya,” Lanjutnya.

BACA JUGA :  FORKOPIMDA MONITORING PELAKSANAAN PILKADES SERENTAK

Saptono pun telah memerintahkan anggotanya, baik di Polres Blora beserta Polsek dengan menerjunkan Bhabinkamtibmas dan anggota Intelkam di wilayah desa yang akan melaksanakan Pilkades.

“saya telah intruksikan kepada Kasat Binmas dan Intelkam untuk memerintahkan anggotanya terjun dan mapping data di desa yang akan melaksanakan Pilkades. Harus selalu dimonitor karena situasi yang berkembang sewaktu-waktu bisa berubah,” ungkapnya.

Mapping data pihak-pihak terkait dalam pilakdes dan potensi kerawanan baik dari segi geografis maupun sosiologis pun dilakukan kepolisian.

“Hasil Mapping data ini akan dirapatkan bersama untuk menentukan langkah-langkah yang akan ditempuh dalam mengawal dan mengamankan Pilkades serentak di Kabupaten Blora tahun 2017,” pungkasnya.

Reporter : Ngatono