fbpx

KEBIASAAN LUCU YANG SERING TERJADI DI MOMEN LEBARAN

Pagi, Senin (9/5) ini merupakan pagi ke delapan seusai lebaran Idul Fitri 1443 hijriah atau 2022 masehi. Ketupat tersaji rapi siap santap. Lepet juga tak ketinggalan disuguhkan pada tradisi tahunan ini.
Sajian ketupat siap santap.

Blora, BLORANEWS – Lebaran identik dengan momen penuh sukacita dan tawa bersama keluarga. Di balik suasana haru dan saling memaafkan, tak jarang muncul berbagai kebiasaan lucu yang menghiasi momen spesial ini. Berikut beberapa contoh kebiasaan lucu saat lebaran:

1. Perburuan THR: Bagi anak-anak, momen lebaran tak lengkap tanpa THR (Tunjangan Hari Raya). Mereka akan bersemangat mengunjungi sanak saudara untuk “berburu” THR. Tingkah lucu dan tingkah polah mereka saat meminta THR selalu mengundang gelak tawa.

2. Perang Bantal: Tradisi perang bantal di beberapa daerah menjadi hiburan tersendiri saat lebaran. Biasanya, anak-anak dan remaja yang terlibat dalam pertempuran seru ini. Perang bantal menjadi cara untuk melepas penat dan mempererat keakraban antar keluarga.

3. Mencicipi Berbagai Kue Lebaran: Lebaran identik dengan hidangan khas yang berlimpah. Kue kering, ketupat, opor, dan rendang menjadi hidangan wajib yang selalu ada. Momen mencicipi berbagai macam hidangan ini menjadi kesenangan tersendiri, tak jarang rasa ingin mencoba semua hidangan sekaligus berujung pada kekenyangan yang berlebihan.

4. Pamer Baju Baru: Lebaran menjadi ajang untuk tampil dengan baju baru terbaik. Tak jarang, momen ini menjadi ajang pamer OOTD (Outfit of the Day) terbaik di media sosial.

5. Terjebak Macet Mudik: Bagi para pemudik, momen lucu saat macet di jalan menjadi cerita tak terlupakan. Perjalanan panjang yang melelahkan, kelaparan, dan rasa kantuk di tengah kemacetan seringkali memicu momen-momen lucu dan kocak.

6. Pertanyaan “Kapan Nikah?”: Bagi para pemuda dan pemudi yang masih lajang, pertanyaan “Kapan nikah?” menjadi pertanyaan wajib saat lebaran. Pertanyaan ini, meskipun terkesan biasa, terkadang bisa membuat mereka yang ditanya merasa awkward atau malu.

7. Berusaha Menghindari Timbangan: Bagi sebagian orang, momen lebaran menjadi momen untuk memanjakan diri dengan berbagai hidangan lezat. Tak heran, timbangan badan pun bisa naik drastis setelah lebaran. Momen lucu kerap terjadi saat berusaha menghindari timbangan atau berpura-pura tidak mengetahui kenaikan berat badan.

8. Malu-malu Saat Ditanya Gaji: Bagi para perantau yang baru pulang kampung, pertanyaan tentang gaji atau pekerjaan menjadi hal yang lumrah. Momen lucu terkadang muncul saat mereka berusaha menghindar atau menjawab pertanyaan tersebut dengan cara yang diplomatis.

9. Kehabisan Uang Receh Saat Bagi THR: Bagi yang memiliki banyak keponakan, momen bagi THR bisa menjadi momen menegangkan. Kehabisan uang receh saat bagi THR bisa membuat panik dan kerepotan.

10. Mencari Sinyal HP Saat Kumpul Keluarga: Di era digital ini, mencari sinyal HP saat kumpul keluarga bisa menjadi momen lucu tersendiri. Terutama bagi generasi muda yang terbiasa terkoneksi dengan internet, momen ini bisa menjadi hal yang menyebalkan dan membuat mereka bosan.

Kebiasaan-kebiasaan lucu ini menjadi bagian tak terpisahkan dari tradisi lebaran di Indonesia. Momen-momen lucu ini menambah keceriaan dan kehangatan suasana lebaran, sehingga menjadikan momen spesial ini semakin berkesan dan tak terlupakan.

Redaksi