MENGAWAL PEMBANGUNAN 5 RIBU JARGAS 2020

Jika tak ada aral melintang,  Blora akan kembali mendapatkan tambahan pembangunan jaringan gas (Jargas) sebanyak 5 ribu sambungan rumah tangga (SR) pada 2020 mendatang. Sejumlah langkah progresif harus dilakukan supaya kegagalan pembangunan Jargas tahun 2013 tak terulang kembali.

 

Ilutrasi

Ilutrasi

 

Berdasarkan catatan penulis, beberapa hal yang harus dipersiapkan adalah penyelesaian dokumen perencanaan, yakni Front End Engineering Design (FEED) dan DEDC (Detailed Engineering Design for Construction) yang harus selesai pada minggu ketiga bulan Oktober 2019 sebagai data dukung pengajuan Pagu Anggaran Tahun 2020.

FEED adalah teknik dasar yang datang setelah desain konseptual, atau studi kelayakan. Desain dalam FEED berfokus pada persyaratan teknis serta biaya investasi kasar untuk proyek tersebut. FEED dapat dibagi kedalam paket terpisah meliputi bagian yang berbeda dari proyek.

Paket FEED digunakan sebagai dasar penawaran eksekusi kontrak fase (seperti EPC, EPCI) dan digunakan sebagai dasar desain. FEED yang baik akan mencerminkan semua klien persyaratan khusus proyek dan menghindari perubahan signifikan selama fase eksekusi.

Kontrak FEED biasanya memakan waktu sekitar satu tahun untuk menyelesaikan, tergantung dengan besarnya proyek. Selama fase FEED, harus ada komunikasi yang erat antara pemilik proyek, operator, dan kontraktor engineering.

Tak hanya itu, dokumen Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup Dan Upaya Pemantau Lingkungan Hidup (UKL/UPL) harus juga diselesaikan. Dokumen-dokumen tersebut akan dikerjakan oleh PT Pertamina melalui PT PGN Direktorat Infrastruktur dan Teknologi.

Seperti diketahui, Kementerian ESDM dalam melaksanakan proyek strategis nasional berupa penyediaan dan pendistribusian gas bumi melalui jaringan transmisi dan/atau distribusi untuk rumah tangga beserta infrastruktur pendukungnya.

Dalam hal ini, Kementerian ESDM menugaskan PT Pertamina melalui PGN selaku anak perusahaan (sub holding gas bumi) untuk melaksanakan pembangunan Jargas. Meliputi perencanaan, pembangunan dan/atau pengembangan, serta pengelolaan (pengoperasian, penyaluran gas bumi, dan pemeliharaan).

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan