fbpx

PERMUDAH ADUAN, BLORA BAKAL DUPLIKASI LAYANAN SAPAWARGA

Blora, BLORANEWS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora berkeinginan untuk menduplikasi Layanan Sapawarga yang diterapkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat.

Layanan Sapawarga sendiri ialah sebuah Aplikasi yang mengintegrasikan berbagai layanan untuk mempermudah masyarakat dalam menyampaikan aduan. Selain itu, melalui aplikasi tersebut masyarakat juga bisa mendapat beberapa akses layanan dengan mudah.

Dalam rangka merealisasi keinginan tersebut, Pemkab Blora pun terbang ke Jawa Barat untuk melakukan studi tiru. Bupati Blora Arief Rohman yang didampingi Kepala Dinkominfo Blora, Pratikto Nugroho mengaku ingin belajar banyak dari Pemprov Jabar.

“Kita ingin belajar terus karena Jawa Barat ini luar biasa. Dan ini menurut saya salah satu Sekda terbaik yang ada di Indonesia, luar biasa banyak memberikan inspirasi kepada kami dan sore ini kami membawa rombongan dari Blora,” jelasnya.

Menambahi Bupati Arief, Pratikto Nugroho menegaskan bahwa, kedepannya pelayanan digital di Blora juga akan terus ditingkatkan agar masyarakat bisa mengakses layanan dengan mudah.

“Kami tertarik dengan Layanan Sapawarga yang ada di Jawa Barat itu. Dimana dalam aplikasi itu ada layanan terkait lapangan pekerjaan, perizinan dan sebagainya. Ini menjadi salah satu hal menarik yang ingin kita pelajari,” ungkapnya.

Smentara itu, Kepala Diskominfo Jabar Ika Mardiah menjelaskan, melalui Sapawarga ada beberapa layanan yang bisa diakses. Mulai layanan pajak kendaraan bermotor, lowongan pekerjaan, perizinan, kesehatan, pendidikan, dan seterusnya.

“Kami ingin berikan kemudahan dalam memberikan layanan publik dalam satu aplikasi, jadi warga tidak perlu membuka berbagai aplikasi lain. Selain itu, masyarakat bisa menyampaikan aduannya. Aduan dari masyarakat akan ditangani dan disesuaikan penangananya,” jelasnya. (Dj)

Verified by MonsterInsights