fbpx

PULUHAN SENIMAN LUAR KOTA AKAN IKUT MERIAHKAN PENGKOLJAGONG MURAL FEST 2020

Desa (Kades) Pengkoljagong, Sugiyono.
Desa (Kades) Pengkoljagong, Sugiyono.

Jati- Puluhan seniman yang berasal dari luar kota akan ikut ambil bagian dalam acara Pengkoljagong Mural Festival 2020. Acara yang diselenggarakan untuk memperingati HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke- 75 ini akan diselenggaran pada tanggal 20 sampai 30 Agustus 2020.

 

Desa (Kades) Pengkoljagong, Sugiyono.
Desa (Kades) Pengkoljagong, Sugiyono.

 

Tak hanya itu, acara tersebut juga sebagai upaya mensosialisasikan Peraturan Desa (Perdes) Pengkoljagong nomor 06 tahun 2020 tentang Lingkungan Hidup. Melalui Perdes ini, ditegaskan larangan perburuan semua jenis burung di wilayah Desa Pengkoljagong Kecamatan Jati Kabupaten Blora.

“Kita ingin mengenalkan kepada h mural ini. Kita mengajak para seniman rupa untuk ikut ambil bagian dalam kegiatan ini,” papar Kepala Desa (Kades) Pengkoljagong, Sugiyono. Minggu (16/08).

Lebih lanjut, Sugiyono menambahkan, dengan adanya Perdes ini diharapkan dapat menjadi landasan Desa Pengkoljagong menjadi Desa Wisata. Harapan ini telah digagas sejak awal pemerintahannya, yakni Pengkoljagong Sapta Pesona. Sehingga, peserta lomba nantinya juga harus menggambar mural yang bertema Pelestarian Lingkungan.

Sementara itu, Ketua Panitia Pengkoljagong Mural Festival 2020, M. Iwan Sukri mengungkapkan, hingga saat ini tercatat ada lebih dari 30 seniman yang akan ikut ambil bagian dalam acara tersebut. Para peserta tersebut merupakan individu dan kelompok.

“Ada banyak dari luar kota, dari dalam kota juga banyak. Panitia sendiri telah menyiapkan lebih dari 100 panel gambar untuk para peserta. Penilaian mural akan dilaksanakan tanggal 30 Agustus, sedangkan resepsi dan penyerahan hadiah akan digelar pada 31 Agustus mendatang,” ungkap.

Masih menurut Iwan, pihaknya telah mempersiapkan berbagai kebutuhan dan kegiatan selingan supaya peserta tidak jenuh selama mengikuti acara ini. Tak hanya itu, panitia juga berkomitmen untuk tetap melaksanakan protokol pencegahan penularan Covid-19 mengingat situasi pandemi yang tengah terjadi.

“Kita tetap mematuhi protokol yang ada. Walaupun hingga saat ini Desa Pengkoljagong tidak ada yang terinfeksi Covid-19, kita tidak mau menganggap enteng. Acara akan tetap berlangsung dan protokol kesehatan akan kita patuhi,” pungkasnya. (Jyk)