fbpx

SAT SAMAPTA POLRES BLORA BERLATIH DALMAS

Anggota Sat Samapta Polres Blora Berlatih Dalmas.
Anggota Sat Samapta Polres Blora Berlatih Dalmas.

Blora, BLORANEWS – Anggota Satuan Samapta Polres Blora berlatih pengendalian masa (dalmas) dalam rangka meningkatkan ketrampilan dalam pengendalian massa dan profesionalitas personil saat bertugas serta mengantisipasi terjadinya kerawanan Kamtibmas.

Kasat Samapta, AKP Kusnio memimpin latihan dalmas tersebut. Sebelumnya ia memberikan arahan kompi dalmas para personil. Saat pelaksanaan terlihat ada yang menggunakan tameng dan tanpa tameng. Kusino menyebutkan, latihan ini juga untuk meningkatkan fisik dan kekompakan dalam melaksanakan pengamanan unjuk rasa guna ciptakan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat.

“Ada enam materi dalam hal pengendalian massa. Diantaranya Dalmas lanjut yang disesuaikan dengan peragaan formasi Dalmas diantaranya sikap Siaga, Sikap tempur, Dorong maju, Desak maju, Sikap berlindung dan Sikap Dorong maju,” terangnya, Selasa (15/11).

Latihan dan materi dalmas yang diberikan ini bertujuan agar personil mampu dalam rangka penanganan yang tepat serta menghindari kesalahan prosedur di lapangan sekaligus untuk melatih fisik serta kesiapan personel di lapangan pada saat menghadapi unjuk rasa yang sebenarnya.

“Diharapkan dengan latihan ini secara rutin setiap anggota Samapta selalu siap jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Kemampuan Dalmas merupakan kemampuan utama bagi setiap anggota Sat Samapta,” kata Kasat Samapta AKP Kusnio. (jam)