Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

SERUNYA NGABUBURIT DI PASAR KAWASAN PULEDAGEL!

Jepon- Pasar kawasan di pedesaan, biasanya hanya ramai di pagi hari. Hal ini berbeda dengan Pasar Kawasan  Desa Puledagel Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora di awal bulan Ramadhan tahun ini. Ketika senja menjelang, pasar pun mendadak ramai dengan banyaknya warga yang berkunjung.

Situasi menjelang buka puasa di Pasar Kawasan Puledagel Kecamatan Jepon, Blora

Sepanjang ramadhan tahun ini, banyak warga di Desa Puledagel dan desa sekitarnya mencoba peruntungan dengan berjualan berbagai makanan khas berbuka puasa di pasar ini. Di awal ramadhan ini, warga menyambut antusias hadirnya pasar “kaget” ini.

“Biasanya, paling ramai kalau pagi hari. Tapi sejak awal ramadhan, pasar ini ramainya saat sore tiba. Banyak anak-anak yang main dan banyak juga orang-orang yang membeli makanan untuk buka puasa,” ujar Ika (27) warga setempat, di sela ngabuburit di Pasar Kawasan Puledagel, Kamis (09/05).

Sementara itu, salah seorang warga dari Desa puledagel Kecamatan Jepon, Blora, yang mencoba peruntungan dengan menjual es buah kemasan, Ana (22 ), mengaku optimis dengan kegiatan yang baru-baru ini ditekuninya.

“Karena selalu ramai, kita yakin bisa dapat banyak (untung). Selain es cincau, saya juga jualan jajanan lainnya seperti cendol, dawet, dan lauk pauk untuk buka puasa. Dari awal memang sudah ramai, mas,” ucapnya sambil melayani sejumlah pembeli.

Pasar Kawasan Puledagel Sebagai BUMDesMa

Sebagai informasi, pasar kawasan ini merupakan Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDesMa) Sumber Makmur kecamatan Jepon. Pembangunan pasar ini diselesaikan tahun lalu, dengan pembiayaan dari Kementerian Desa bagian Kawasan Pedesaan.

“Tahun ini, sebenarnya kami sedang fokus di pengembangannya. Tujuannya, untuk meningkatkan pendapatan masyarakat di desa ini, sekaligus meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PAD),” ucap Direktur BUMDesMa Sumber Makmur, M Ulil Abshor di lokasi.

Menurut Ulil, pihaknya berencana untuk meningkatkan pengembangan pasar ii dengan membuat sejumlah lapak untuk para pedagang yang semakin hari jumlahnya semakin banyak. Tak hanya itu, untuk meningkatkan kenyamanan pembeli, perluasan lahan parkir juga terus diupayakan.

“Dengan demikian, sirkulasi ekonomi di Desa Puledagel dan desa sekitarnya akan semakin lancar. Pasar ini juga merupakan salah satu sentral kerja sama antar desa,” pungkasnya. (Jyk)

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan