fbpx
OPINI  

SI KOTA KECIL PENGHASIL MINYAK

Oleh: Elvera Wahyu Triana
Oleh: Elvera Wahyu Triana

Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam. Salah satunya adalah minyak bumi. Minyak bumi – sumber energi yang penting dalam memenuhi konsumsi energi dunia, yaitu untuk memenuhi kebutuhan bahan baku untuk bahan bakar minyak dan bensin.  Berdasarkan hasil studi lembaga International Energy Agency (IEA), Indonesia menempati urutan ke-22 dalam memproduksi minyak bumi yakni sebesar 911.000 barrel per day (bbl/day).

 

Oleh: Elvera Wahyu Triana
Oleh: Elvera Wahyu Triana

 

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), impor Indonesia pada bulan Mei 2019 mencapai US$ 14.5 miliar, atau mengalami penurunan dibandingkan pada bulan Mei 2018 yang mencapai US$ 17.6 Miliar. Salah satu faktor penurunan angka impor dikarenakan  impor minyak mentah pada Mei 2019 turun  menjadi US$ 645,5 juta dibandingkan pada bulan Mei 2018 sebesar US$ 884,7 juta. 

Sementara, CNN Indonesia  menyebut PT Pertamina (Persero) telah sepakat membeli minyak 116,9 bbl/day yang merupakan bagian kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) hingga akhir Juni 2019. Volume pembelian tersebut melesat delapan kali lipat dibanding volume pembelian tahun lalu yang sebesar 12,8 ribu bbl/day. volume minyak tersebut merupakan hasil kesepakatan dengan 37 kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) yang beroperasi di Indonesia.