fbpx

STUDIUM GENERAL KAMPUS KHOZIN : PESAN TOLERANSI DARI KAMPUS PESANTREN

  • Bagikan
Khozinatul ulum
KH. Abu Hafsin menyampaikan kuliah umum “Islam dan Multikulturalisme” di Kampus Khozin pagi ini. Foto : Bloranews

Blora- Mencuatnya isu SARA baru-baru ini membuat civitas STAI Khozinatul Ulum mengangkat tema Islam dan Multikulturalisme dalam Studium General yang digelar pagi ini. Ketua PWNU Jawa Tengah, KH. Abu Hafsin hadir dalam agenda tersebut untuk menyampaikan materi kepada para mahasiswa Kampus Pesantren tersebut.

Khozinatul ulum
KH. Abu Hafsin menyampaikan kuliah umum “Islam dan Multikulturalisme” di Kampus Khozin pagi ini. Foto : Bloranews

“Isu SARA kembali mencuat baru-baru ini. Maka, kesadaran multikulturalisme harus diperkuat. Dengan mengangkat tema ini, kami berharap para mahasiswa dapat mengerti pentingnya kesadaran untuk saling menghormati sesama penganut agama, lebih jauh kepada penganut agama yang lain” ujar KH. Nur Ihsan, Ketua STAI Khozinatul Ulum Blora dalam sambutannya.

“Multikulturalisme adalah gaya pandang merasa nyaman hidup berdampingan dengan manusia yang berbeda latar belakang. Baik latar belakang agama, etnis, pandangan politik, adat dan budaya” ujar KH. Abu Hafsin dalam prolog kulaih umum yang diselenggarakan di kampus STAI Khozinatul Ulum Blora tersebut.

Di depan komunitas akademik kampus Khozin tersebut, Ketua PWNU Jawa Tengah itu juga menambahkan bahwa manusia dalam hidupnya mengemban tugas untuk menjadi Khalifah di bumi. Dalam menjalankannya, ada dua fungsi yang ada pada setiap manusia, fungsi Khilafah dan fungsi Ibadah.

Kuliah umum semakin berkembang ketika pemaparan ketua PWNU Jawa Tengah tersebut sampai dalam hal Kepemimpinan Publik pada masyarakat multi-kultur. “Karena kepemimpinan publik termasuk fungsi khilafah, maka bagi saya, lebih baik memilih orang bukan muslim namun kompeten dan menguasai bidangnya. Dari pada memilih muslim  yang tidak kompeten” jelasnya.

“Pendapat saya ini tidak akan mempengaruhi Pilkada Jakarta” lanjutnya disambut gelak tawa seluruh hadirin. Hadir dalam Studium General tersebut KH. Muharror Ali (Ketua MUI Blora), KH. Ishad Shofawi (Ketua FKUB Blora), H. Aunurrofiq (ketua PCNU Blora) dan wakil bupati Blora, H. Arif Rahman [.]

Reporter : Khoirunniam

banner 120x500
  • Bagikan