VIRAL! PENGANTIN DIARAK NAIK ANGKONG DAN DIIRINGI BARONGAN

Tunjungan- Pernikahan antara M. Rokhim dengan Ida Siti Sholihah mendadak viral di dunia maya. Pasalnya, mempelai pria diantar menuju rumah mempelai wanita dengan menaiki angkong (gerobak dorong) dan diarak Barongan, Minggu (08/12).

 

Mempelai pria, M Rokhim diantar menuju rumah mempelai wanita dengan menaiki angkong (gerobak dorong)

Mempelai pria, M Rokhim diantar menuju rumah mempelai wanita dengan menaiki angkong (gerobak dorong)

 

Dalam video berdurasi 30 detik yang diposting akun bernama Ugunt Cunk pada sebuah grup FB lokal Blora tersebut, tampak mempelai pria menaiki angkong. Seperti layaknya pernikahan adat jawa, mempelai pria mengenakan busana adat dan berkalung untaian kembang melati.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Bloranews.com, prosesi tersebut berlangsung di kediaman mempelai wanita, di Desa Sitirejo RT 04 RW 01 Kecamatan Tunjungan Kabupaten Blora, sekitar pukul 08.00 WIB pagi tadi.

“Betul, itu nikahannya Mas Rokhim. Saya sendiri tidak tau kenapa, soalnya tadi nggak ikut iring-iring (mendampingi pengantin, jw),” kata tetangga mempelai pria, Udin.

Menurut informasi dari keluarga mempelai, hal tersebut telah merupakan tradisi anak muda di desa setempat jika temannya menikah dengan wanita yang masih sekampung. Mengarak pengantin dengan cara yang unik merupakan wujud kasih sayang.

“Itu memang dikerjain teman-temannya, mas. Memang, kalau mempelai pria masih satu desa dengan mempelai perempuan, tradisi remaja tersebut sering dilakukan. Dulu, pernah ada yang digendong, dan diarak naik gerobak. Itu wujud kasih sayang antar teman,” kata kerabat mempelai pria, Sholihati. (jyk) 

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Comments are closed.