fbpx
Adv  

WARGA DESA ANDONGREJO BERHASIL KEMBANGKAN BUDIDAYA IKAN LELE

warga dukuh Denguk Desa Andongrejo Kecamatan Blora berhasil mengembangkan budidaya ikan lele.

Blora, BLORANEWS – Sejumlah warga dukuh Denguk Desa Andongrejo Kecamatan Blora berhasil mengembangkan budidaya ikan lele untuk menambah penghasilan.

Hingga saat ini lebih kurang ada 80 kolam yang berada di sejumlah tempat seperti di belakang rumah warga dan area persawahan. Mereka tergabung dalam komunitas Grahafis Andong yang telah berbadan hukum.

Salah satu warga yang sukses budidaya ikan lele adalah Farid Husein. Di belakang rumahnya, di Dukuh Denguk, ada sejumlah bak kolam ikan lele.

“Kami tergabung dalam Grahafis Andong, sudah berbadan hukum. Jadi kami melakukan budidaya ikan lele untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan pasar, saya sendiri ada sejumlah kolam di belakang rumah,” jelas Farid, Kamis (8/6/2023).

Selain itu, tambahnya, budidaya ikan lele dilakukan untuk mendukung program pemerintah yakni gemar makan ikan bagi anak-anak.

Farid mengatakan, selama lebih kurang dua hingga tiga bulan, dengan pakan yang cukup, ikan lele sudah bisa dipanen dan dipasarkan.

“Sejatinya untuk mencukupi kebutuhan pasar tiap hari masih kurang, saya sudah survei di wilayah Blora kota dan sekitarnya tiap hari rata-rata tiga kuintal. Sedangkan kami belum mampu untuk mensuplai,” terangnya.

Dikatakannya, untuk tiga kali panen dari sejumlah kolam yang dimiliki dan 25 ribu benih ikan lele yang dipelihara, dikalkulasi panen pertama 15 %, panen kedua 60 % dan panen ketiga 25 %.

“Harga dari kami Rp20.000,00/kg. Tapi kalau sudah di penjual seperti di pasar bisa Rp24.000,00/kg. Sedangkan untuk benih ikan lele dipasok dari Kabupaten Pati. Untuk kebutuhan air kolam cukup,” ucapnya.

Farid menyebut pada tahun 2019 pernah mendapatkan bantuan dari DP4 Blora senilai Rp6 juta.

Sementara itu Kepala Desa Andongrejo Abdul Salam mengungkapkan, pihaknya mendorong warganya untuk membuka usaha sendiri sesuai dengan kemampuan dan bakatnya.

“Kami atas nama Pemdes Andongrejo, sangat mendorong warga untuk membuka usaha sendiri dan menekuni, khususnya bagi para pemuda di Andongrejo. Manfaatkan potensi yang ada untuk dikembangkan,” ujarnya.

Menurut dia, budidaya ikan lele adalah salah satu peluang bisnis yang cukup menguntungkan. Ikan lele merupakan salah satu komoditas yang banyak dikonsumsi karena memiliki banyak kelebihan, di antaranya kandungan gizi yang tinggi serta harganya yang relatif terjangkau.

“Kami berharap apa yang telah dilakukan oleh warga Andongrejo bisa dikembangkan dan dipertahankan, serta bisa ditiru warga lainnya,” harapnya. (Dinkominfo Blora).

Verified by MonsterInsights