fbpx

WARGA INI TEMUKAN MAKAM KUNO DI DEPAN RUMAH

Warga Desa Brumbung, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora menemukan makam zaman dulu di halaman rumahnya. Warga tersebut yaitu, Baharudin menemukan pertama kali makam kuno itu.
Warga Desa Brumbung, Baharudin menemukan makam kuno di depan rumahnya.

Jepon – Warga Desa Brumbung, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora menemukan makam zaman dulu di halaman rumahnya. Warga tersebut yaitu, Baharudin menemukan pertama kali makam kuno itu.

“Ini berada di depan rumah pak H. Baharudin. Sekitar beberapa bulan lalu ia bermimpi. Jumat 28 Januari 2022 kemarin barusan ada petunjuk lokasinya,” ungkap Kepala Desa Brumbung, Supardi, Kamis (03/01).

BACA JUGA :  BLORA BENTUK 7 POKDARWIS UNTUK GENJOT SEKTOR PARIWISATA

Makam kuno yang tidak jauh dari jalan raya terdapat tulisan di batu nisan menggunakan Aksara Jawa ‘Kusumo Hadiningrat tahun 1461’. Makam tersebut diperkirakan sudah ada sejak abad ke 15 an, atau 561 tahun yang lalu.

Kepala Bidang Kebudayaan, Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora, Budi Riyanto bersama tim mendatangi makam kuno setelah mendapat laporan.

BACA JUGA :  PERSIAPAN SELESAI, TIM SMK MUDA BLORA BERANGKAT KE ARAB SAUDI BESOK PAGI

“Ini bisa jadi cagar budaya yang harus dirawat dan dilestarikan. Kami akan melaporkan ke Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) untuk ditindaklanjuti,” kata Budi. (Jam).