fbpx

WASPADA PENYAKIT HEWAN MENULAR JELANG IDUL QURBAN

Populasi Sapi di Kabupaten Blora.

Blora, BLORANEWS – Dinas Pangan Pertanian Peternakan dan Perikanan (DP4) Kabupaten Blora telah membentuk tim pengawasan kesehatan hewan kurban menjelang perayaan Iduladha 1445 Hijriah. Kepala DP4 Blora, Ngaliman mengungkapkan bahwa yang perlu diwaspadai dalam pemeriksaan hewan adalah penyakit hewan menular seperti Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dan Lumpy Skin Disease (LSD).

“Walaupun di Kabupaten Blora kedua penyakit tersebut sudah terkendali, tapi perlu langkah antisipasi. Jadi kita sudah mulai gencar melakukan pemeriksaan hewan-hewan kurban yang dipersiapkan untuk Iduladha, terutama pemeriksaan kesehatan di para pengepul-pengepul hewan kurban” jelasnya, Kamis (6/6/2024).

Dijelaskan, tim pengawasan kesehatan hewan kurban akan diketuai oleh Kepala Bidang Kesehatan hewan (Keswan) Rasmiyana. Tugas utama tim kesehatan tersebut ialah memeriksa, mendampingi pelaksanaan penyembelihan, serta memeriksa daging kurban pada waktu pelaksanaan kurban di setiap kecamatan dengan melibatkan seluruh petugas medis dan paramedis.

Nantinya, lanjut Ngaliman, H-1 Iduladha bakal dikerahkan petugas yang ada di 16 kecamatan untuk pendampingan pemeriksaan kesehatan hewan kurban. Selain itu, daging kurban yang akan dibagikan ke warga akan dicek terlebih dahulu untuk memastikan keamanan dan kelayakan konsumsi.

“Jadi kami melakukan pemeriksaan fisik luar hewan sebelum dipotong (antemortem) dan pemeriksaan bagian dalam hewan sesudah dipotong (postmortem),” terangnya.

Sehingga sangat dianjurkan setiap hewan yang akan digunakan untuk kurban dilengkapi dengan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH). Surat keterangan ini dikeluarkan oleh dokter hewan atau petugas yang ditunjuk di bawah pengawasan dokter hewan.

“SKSR dapat diperoleh dari dokter hewan di Puskeswan terdekat,” katanya. (Wik)