fbpx

STAND DP4 BLORA JUARA TERBAIK I SAF 2023

DP4 Kabupaten Blora.

Temanggung, BLORANEWS – Pemerintah Kabupaten Blora melalui Dinas Pangan Pertanian Peternaan dan Perikanan (DP4) mempromosikan berbagai produk pertanian pada ajang Soropadan Agro Festival (SAF) 2023 di Soropadan Pringsurat, Temanggung, Jateng.

Yang lebih membahagiakan, berdasarkan hasil penilaian lomba Stand Pameran di SAF 2023 yang diketuai oleh Kepala Balai Pelatihan Pertanian Provinsi Jawa Tengah Heru Cahya Nugraha, DP4 Blora meraih juara stand terbaik I.

“Alhamdulillah Kabupaten Blora mendapat sertifikat dan piala penghargaan sebagai juara 1 stand terbaik kategori Kabupaten/Kota,” kata Ngaliman, Plt. Kepala DP4 Blora,Senin (24/7/2023).

Sebagai juara kedua Kabupaten Cilacap dan juara ketiga Kabupaten Kebumen.

Adapun kreteria penilaian sesuai ketentuan dari panitia lomba adalah kebersihan dan kerapian stand, Produk yang ditampilkan, Dekorasi yang unik dan menarik serta pelayanan dan komunikasi dari para penjaga stand yang profesional.

Pengumuman juara itu sekaligus membersamai Soropadan Agro Festival (SAF) tingkat Provinsi Jawa Tengah secara resmi ditutup oleh Sekretaris Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah Tri Susilarjo, Senin.

Penyerahan sertifikat penghargaan dilakukan oleh Sekretaris Dinas Pertanian Dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah di panggung sambutan Soropadan Agro Festival.

Plt. Kepala Dinas Pangan Pertanian Peternaan dan Perikanan (DP4) Kabupaten Blora menyampaikan ucapan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Pemurah yang telah memberikan nikmat dan kesempatan kepada Kabupaten Blora memperoleh penghargaan sebagai juara satu stand terbaik dalam mengikuti pameran di SAF 2023.

“Terimakasih kepada seluruh petugas DP4 khususnya di bidang Penyuluhan yang secara iklhas bekerja untuk memberikan yang terbaik guna berpartisipasi dalam mendukung suksesnya kegiatan SAF 2023,” ucapnya.

Ucapan terimakasih dihaturkan kepada Bupati Blora Arief Rohman yang telah memberikan spirit dan bantuan sehingga DP4 dapat mengikuti dan melaksanakan kegiatan Pameran SAF 2023.

Demikian pula kepada istri Bupati Blora Bunda Aini Arief Rohman, diucapkan terimakasih atas kehadiran di stand pameran DP4 sehingga mampu memberi semangat kepada petugas dalam melaksanakan kegiatan pameran.

Ibarat dalam pepatah pucuk dicinta ulam tiba, sejak awal Ngaliman tidak membayangkan kalau partisipasi dalam kegiatan SAF Stand dari Kabupaten Blora akan mendapat penilaian sehebat itu.

Karena dalam melakasanakan tugas, selalu berprinsip yang penting bisa berbuat terbaik dan mampu memberikan manfaat kepada semua pihak yang terlibat tentang hasil diserahkan semuanya kepada Allah.

Kesan yang dirasakan oleh para petugas yang terlibat langsung dalam mengikuti pameran selama lima hari diantaranya Slamet Istiyanto, Mudiyanto, Joko Andi, Ira Nirwana, Sulastri dan Sri Indah.

Mereka semua merasa senang dan puas atas penghargaan tersebut serta sangat berharap bila Allah masih mengizinkan ke depan bisa berkarya yang lebih baik lagi dalam mengikuti SAF 2024.

Ngaliman, menyampaikan bahwa kegiatan SAF 2023 merupakan ajang promosi berbagai produk pertanian yang pantas diikuti dan didukung.

“Sekaligus dapat dimanfaatkan sebagai upaya untuk menimba ilmu dan pengalaman dalam kemajuan di bidang pertanian dalam arti luas,” terangnya.

Sehingga dalam kegiatan SAF 2023 Kabupaten Blora ikut berpartisipasi mempromosikan produk unggulan Blora di tingkat Jawa Tengah.

Disamping itu ingin membuktikan dan menginformasikan bahwa Blora memiliki potensi yang sangat besar untuk mendukung kedaulatan pangan Jawa Tengah.

Pada ajang pameran tersebut Blora menampilkan produk beras organik,sawo organik,sawo belanda (Alkesa), melon kinanti organik, produk tembakau asapan, jeruk siam tanggel, dan produk olahan seperti abon lele, egg roll waluh, ceriping pisang serta berbagai produk potensi di Kabupaten Blora.

Mengingat gelaran tampilan dan promosi di ajang SAF sangat menarik, bermanfaat dan menghibur menyarankan kepada masyarakat khusus para petani, pengurus kelompok tani dan berbagai elemen masyarakat yang bergerak di bidang pertanian di Bumi Blora Mustika seyogyanya bisa datang ke Pameran Soropadan Agro Festival.

“Ibaratnya sambil menyelam menangkap ikan,” katanya.

Soropadan Agro Festival (SAF) 2023 di Soropadan Pringsurat, Temagung, Jateng secara resmi dibuka Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Kamis (20/7/2023).

SAF merupakan ajang promosi produksi pertanian di Jawa Tengah yang berlangsung dari tanggal 20-24 Juli 2023.
Diikuti oleh Pusat Pelatian Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S), petani melenial,kelompok wanita tani,sektor pendidikan dan UMKM dari seluruh Kabupaten/Kota di Jateng.

Tampilnya 239 stand yang terdiri dari stand Kabupaten/Kota, SMK, BPP Penyangga, Perusahaan mitra, Stand Purna Widya Bapeltan, Stand Tembakau, Stand Kopi, Stand UMKM dan stand Kuliner.Tema SAF Regenerasi Petani Jawa Tengah Menuju Kedaulatan Pangan Nasional.

Adapun tagline-nya, “Petani Bersatu Jateng Maju”.

“Introduksi teknologi merupakan kunci meningkatkan daya tarik bagi generasi melenial dan generasi Z untuk terjun kedunia pertanian secara sukarela,” kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Dalam kegiatan SAF, Ganjar Pranowo juga secara simbolis melepas pengiriman hasil pertanian ke Pasar Komoditi Nasional (Paskomnas).

Kemudian dilanjutkan peninjauan keberbagai pameran Gubernur Jateng didampingi Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Jateng Supriyanto dan Dirjen Hortikultura Prihasto Setyanto. (tgh)

Verified by MonsterInsights