fbpx

AWASI PEMILU, KPU DAN PANWASKAB AJAK PEMILIH PEMULA

Blora – Penyelenggaran pemilu pada tahun 2018 sudah didepan mata. Penyelenggara pemilu, baik Panitia Pengawas Pemilihan (Panwas) maupun Komisi Pemilihan Umum (KPU) pun bersiap untuk melaksanakan agenda lima tahunan tersebut.

Bertempat di kantor KPU Kabupaten Blora, Panwaskab menggelar silaturahim untuk menyamakan persepsi dalam penyelenggaraan pemilu tahun 2018 dan 2019. Bersamaan dengan itu, KPU juga melaksanakan kegiatan pendidikan bagi pemilih pemula di Ruang Pertemuan kantor tersebut.

 

Musyafa’ S.Fil (Komisioner KPU Blora) saat mengisi materi dalam sosialisasi.

 

Ketua Panwaskab Blora, Lulus Mariyonan, dalam moment tersebut mengungkapkan, saat ini pihaknya sedang melaksanakan tahapan rekrutmen Panwas ditingkat kecamatan (Panwascam).

“Rekruitmen panwascam saat ini pengumumannya sudah disebarluaskan kepada seluruh masyarakat Blora. Kami mengajak peserta dapat ikut berpartisipasi dalam proses rekrutmen panwascam, dengan bergabung atau sosialisasi,” ucapnya, Kamis (31/8/2017).

Dalam kesempatan itu pula, Lulus menjelaskan bahwa pengawasan bertujuan untuk memastikan pemilihan yang demokratis dan integritas penyelenggara, serta penyelenggaraan dan hasil pemilihan.

“Juga memastikan terselenggaranya pemilihan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, adil dan berkualitas. Serta dilaksanakannya peraturan perundang-undangan pemilu secara menyeluruh,” ujar Ketua Panwaskab ini.

Tak hanya itu, jajarannya pun akan dibentuk kebawah hingga tingkat TPS. Sebagai strategi pengawasan yang mengedepankan upaya pencegahan dini (preventif) dan Penegakan Hukum (law enforcement).

“Upaya preventif itu dengan mendorong partisipasi masyarakat dalam pengawasan. Sedangkan penegakan hukum, dengan melakukan tindakan hukum terhadap setiap pelanggaran atau penyimpangan hukum yang dilakukan oleh subjek hukum,” jelasnya.

Lulus berharap, pemilih pemula bisa ikut berperan dalam pengawasan pemilu. “Bersama Rakyat Awasi Pemilu Bersama Panwas Tegakkan Keadilan Pemilu,” tegasnya.

Sementara, Ketua KPU Blora, Arifin menambahkan, bahwa penyelenggara pemilu selain KPU juga ada Panwas. “Panwas merupakan salah satu lembaga penyelenggara pemilu selain KPU,” imbuhnya.

Dalam kegiatan tersebut, perwakilan dari berbagai sekolah di wilayah Blora ikutserta. Diantaranya, SMA Katolik, MAN Blora, MA Safinatunnajah, dan SMA Muhammadiyah, serta MA Khozinatul Ulum.

Reporter : Ngatono