fbpx

BANGUN KONSEP KEMITRAAN, PEMKAB DORONG KESEJAHTERAAN PETERNAK DI BLORA

Wakil Bupati Blora Arief Rohman beserta rombongan meninjau kandang sapi komunal, tidak jauh dari lokasi pembangunan Gudang Pembuatan Konsentrat di Desa Blungun Kecamatan Jepon

Blora – Dalam rangka kerjasama pembiayaan kemitraan sapi potong di Kabupaten Blora pada tahun 2021-2022, Wakil Bupati Blora, Arief Rohman pimpin diskusi bersama dengan sejumlah stakeholder di Ruang Rapat Wakil Bupati Blora. Kamis (11/02)

 

Foto : Wakil Bupati Blora Arief Rohman beserta rombongan meninjau kandang sapi di Desa Blungun Kecamatan Jepon.

 

Dirinya mengungkapkan dengan adanya kerjasama dan dukungan dari berbagai pihak tersebut diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan para peternak sapi maupun masyarakat.

“Potensi peternakan yang ada ini sebetulnya bisa mengungkit secara siginifikan terkait dengan perkonomian di Blora. Potensi ini kami harap kedepannya juga minta tolong dibantu oleh berbagai pihak dalam rangka untuk mengembangkan potensi sapi yang ada tentunya kerjasama dengan pemerintah, BUMN, swasta, koperasi maupun akademisi juga dengan pihak desa ini kita bisa harapkan bisa membawa perubahan terkait dengan sapi yang ada di Blora,” ungkapnya.

Arif juga meminta kepada para mitra agar konsep dan program tersebut untuk semakin dimatangkan untuk mendorong supaya nantinya disiapkan BUMD untuk sektor peternakan dengan pengelolaan yang lebih baik.

“Kedepan tolong disiapkan BUMD yang kaitannya dengan peternakan juga agar kita pola kerjasamanya nanti membawahi Bumdes-Bumdes ini kita juga ada BUMD, kita wadahi dalam bentuk BUMD biar kerjasamanya profesional antar badan usaha, dan yang terpenting  bisa dirasakan manfaatnya untuk masyarakat dan bisa memberikan masukan untuk daerah” Imbuhnya

Perwakilan salah satu perusahaan mitra, Fathur menerangkan bahwa konsep kemitraan yang ditawarkan kepada peternak adalah pembiayaan sapi potong dengan penerimaan dalam bentuk sapi dan di-support pakan, dan konsep pendampingan yang akan dilakukan baik melalui Bumdes atau melalui koperasi yang yang akan disinergikan dengan desa-desa.

“Kabupaten Blora akan ditargetkan untuk 5000 ekor sapi. Ada sepuluh kecamatan yang akan direncanakan pada tahap pertama. Rencananya satu peternak akan didukung oleh perbankan sebanyak sepuluh ekor. pada kuartal pertama dan kedua sebanyak 1500 ekor, dan pada kuartal ketiga sebanyak 2000 ekor.” Jelasnya

Sementara itu Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan, Gundala wejasena mengungkapkan bahwa pihaknya siap mendukung upaya-upaya dalam rangka mensejahterakan para peternak di Blora. 

“Kami akan inventarisir kandang-kandang komunal, dan saya kira kelompok-kelompok yang ada dengan pola kemitraan mereka sangat siap untuk melaksanakan kegiatan ini. Sehingga kegiatan ini bisa lebih mendukung ekonomi mereka juga” pungkasnya. (Spt)

Verified by MonsterInsights