fbpx

TIGA SAPI DI BLEBOH MATI KERACUNAN

Tiga sapi milik Peno warga Dukuh Singget RT 05 RW 07, Desa BLEBOH, Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora mati diduga keracunan dari pakan rumput, Jum'at (3/6) kemarin. Ketiga sapi tersebut mati berurutan atau selang beberapa menit. 
Diduga sapu mati akibat keracunan pakan rumput.

JIKEN, BLORANEWS – Tiga Ekor sapi di Desa Bleboh, Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora mati mendadak. Penyebabnya keracunan dari pakan rumput, Jum’at (3/6) kemarin. Ketiga sapi milik Supeno tersebut mati bersamaan dalam itungan menit.

Sekertatis Dinas Pangan Pertanian Peternakan dan Perikanan (DP4) Blora, Hadi Praseno mengungkapkan, ketiga sapi milik Supeno yang mati diantaranya, ke 1 mati dengan jenis kelamin betina dan bunting 1 bulan, selang 1/2 jam kemudian sapi yang ke 2 jenis pejantan juga mati. 

BACA JUGA :  PROGRAM PETERNAKAN SAPI MODERN BLORA MEMASUKI BABAK BARU

“Beberapa menit kemudian sapi yang ketiga jenis betina dengan kondisi hamil 7 bulan juga mati. Jadi total jumlah sapi yang mati 3 ekor,” terangnya. 

Dari laporan Kepala Desa Bleboh, Leles Budiyanto, kemudian pihak kecamatan langsung berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Blora untuk segera ditindaklanjuti apakah sapi mati terkena sespek PMK atau keracunan. 

BACA JUGA :  PETANI JETAKWANGER PANEN PERDANA KEDELAI ANJASMORO

“Setelah diperiksa oleh manteri ternak pak Wardi, ke 3 ekor sapi tersebut tidak menunjukan tanda-tanda terkena PMK melainkan keracunan makanan karena matinya hampir bersamaan waktunya,” kata Sekdin Hadi. 

Sementara korban, Supeno mengaku, pada pagi hari sapi-sapinya masih dalam kondisi sehat semua. Ketiga sapinya mati setelah diberi makan rumput dari hasil kebunnya sendiri. 

BACA JUGA :  23.487 HEWAN TERNAK DIDUGA ALAMI GEJALA PMK

“Setelah tadi pagi saya beri makan rumput hasil dari kebun sendiri, tiba-tiba sapi yang betina jatuh dan selang beberapa menit langsung mati. Dan diikuti oleh sapi yang ke 2 dan ke 3,” jelasnya. (Jam).