fbpx

RATUSAN HEWAN TERNAK POSITIF PMK

Sebanyak 264 ekor hewan ternak di Jawa Tengah positif Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) tercatat total ada 8.286.534 ekor hewan ternak nilainya setara Rp 43,749 Triliun.
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Semarang, BLORANEWS – Sebanyak 264 ekor hewan ternak di Jawa Tengah positif Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) tercatat total ada 8.286.534 ekor hewan ternak nilainya setara Rp 43,749 Triliun.

Laporan yang diterima, Senin (6/6) pagi ini, Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo tak ambil diam. Pihaknya membuka posko untuk pengamanan penyebaran wabah PMK dan menggerakkan program Jogo Ternak.

BACA JUGA :  PEMKAB SEPAKAT JUAL SAPI KE JAKARTA

“Kami telah melakukan upaya cepat wabah PMK ini. Salah satunya membentuk posko tersebar di seluruh daerah. Ini saya minta agar diimplementasikan sampai ke tempat yang mudah dijangkau,” terangnya.

Dikatakannya usai menyerahkan SK Gubernur tentang Pengangkatan PPPK Pemprov Jateng dan Penandatanganan Pakta Integritas PPPK Pemprov Jateng Formasi Tahun 2021 di Gradhika Bhakti Praja, Senin (6/6).

BACA JUGA :  USAI MELAHIRKAN, SAPI DI NGAWEN MATI MENDADAK

Hewan ternak suspek PMK diduga dari beberapa daerah. pengobatan terus dilakukan pada 8.246 hewan ternak yang suspek PMK. Selain dari program Jogo Ternak nantinya juga ada komunitas yang disebut Bolo Ternak. Diharapkan bisa bersama-sama mendampingi peternak dan hewan ternak yang terkena PMK.

Jika ada hewan yang terjungkit PMK Pemprov Jateng memberikan nomor pengaduan, agar cepat ditangani. Yaitu nomor whatsapp 082111087606. Nomor ini diimbau untuk disebarluaskan kepada masyarakat. (Jam).

BACA JUGA :  PROGRAM PETERNAKAN SAPI MODERN BLORA MEMASUKI BABAK BARU