BEGINI CARA MEMBUAT KLEPON ALA CETHIK GENI CEPU

Cepu – Klepon (diucapkan Klon-pon ), atau kelepon , menurut wikipedia adalah kue beras tradisional Asia Tenggara berwarna hijau yang diisi dengan gula aren cair dan dilapisi kelapa parut. Makanan ini masuk dalam tipe camilan, bukan hanya di Indonesia makanan ini juga populer di beberapa negara seperti Malaysia, Brunei dan Singapura.

 

Klepon ala Cethik Geni

Klepon ala Cethik Geni

 

Ditangan komunitas Cethik Geni, kue Klepon disulap menjadi jajanan yang istimewa dengan tampilan warna yang menarik. Apalagi pewarna yang digunakan berasal dari bahan-bahan alami seperti Bunga Telang dan Daun Pandan atau Suji.

Pengelola Cethik Geni, Rita Oktaviana memberikan tutorial cara membuat Kue Klepon dengan pewarna alami dari Daun Telang dan Daun Pandan atau Suji.

“Untuk mendapatkan warna biru kita gunakan Daun Telang sedangkan untuk warna hijau biasanya kita gunakan Daun Pandan atau Daun Suji,” terang Rita Oktaviana.

Rita menambahkan untuk bahan -bahannya sendiri seperti Tepung ketan 250 gram, Tepung beras 50 gram, garam sejumput, dan air secukupnya.

“Campurkan 2 jenis tepung dan garam, beri air sedikit-sedikit, sampai adonan kalis dan bisa dipulung,” imbuhnya.

Selanjutnya, untuk isi Kue Klepon bisa diberi Gula merah yang disisir dan bisa diisikan di dalamnya sebelum Klepon dimasukan air mendidih.

“Masukkan Klepon yang sudah diisi gula merah ke air mendidih, tunggu sampai Klepon mengapung kemudian bisa ditiriskan untuk selanjutnya siap disajikan dengan diberi taburan kelapa muda parut yang sudah dikukus dengan garam dan daun pandan supaya harum dan awet,” pungkasnya. Menarik bukan? (Jyk)

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan