fbpx
OPINI  

BENTROK BUKTI NILAI AJARAN PENCAK SILAT YANG TERKIKIS

Ajaran Pencak Silat yang harusnya berisi tentang pendidikan karakter, Pendidikan akhlak dan budi luhur bahkan kerohanian, tapi mengapa di masa kini sering sekali terjadi bentrok antar perguruan silat, Apakah ajaran itu sudah mulai terkikis atau bahkan hilang?.

Pencak Silat atau dikenal silat adalah suatu seni bela diri tradisional dan olah Nafas yang berasal dari Indonesia yang memperlihatkan seni keindahan gerakan dalam setiap jurus-jurusnya.

Pada tiap daerah di Indonesia mempunyai aliran pencak silat yang khas. Pencak silat sendiri Juga bisa menjadi olah raga untuk melatih fisik dan kebugaran tubuh.

Pencak silat merupakan bidang olah raga, yang sering dilombakan dalam berbagai event dari Tingkat Kabupaten dalam Ajang PORKAB sampai Internasional Dalam Ajang ASIAN GAMES DAN SEA GAMES.

Pencak silat memiliki arti dari dua kata yang menyusunnya. Pencak berarti gerak dasar bela diri yang memiliki peraturan. Sedang silat memiliki arti gerakan bela diri yang paripurna dan bersumber dari rohani. Versi kedua, menurut Thomas A. dalam bukunya yang berjudul Martial Arts of the World: An Encyclopedia of History and Innovation Martial Arts of the World: An Encyclopedia of History and Innovation.

Sejarah Pencak Silat tidak lepas dari para nenek moyang kita yang kental dan dekat dengan peperangan yang pada masa Itu masih banyak pendekar sakti yang menguasai ilmu kanuragan. dalam situs kemendikbud.go.id dijelaskan bahwa pencak silat merupakan seni bela diri tradisional yang menjadi budaya di Indonesia. dilihat dari sejumlah peninggalan sejarah, ditemukan fakta bahwa pencak silat sudah mulai tumbuh dan berkembang sejak zaman kerajaan di Indonesia.

Memasuki zaman penjajahan Belanda di tanah air, menurut catatan sejarah pencak silat diketahui dianggap sebagai ancaman dan dilarang. Sedangkan di masa penjajahan Jepang, pencak silat justru diperbolehkan dan bahkan diberi fasilitas untuk dilestarikan.

Sebab negara Jepang pada masa tersebut berniat memanfaatkan semangat masyarakat Indonesia untuk memperkuat pertahanan mereka melawan Sekutu. Sehingga latihan pencak silat tidak lagi dilakukan secara sembunyi-sembunyi.

Memasuki masa kemerdekaan, sejarah pencak silat di Indonesia tercatat terus mengalami perkembangan. Hingga dibentuk organisasi resmi Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSSI) pada 10 Mei 1948 di Surakarta melalui musyawarah para pendekar di masa itu.

Pada masa kini, Pencak silat merupakan salah satu olah raga yang cukup digemarai yang mana banyak sekali Perguruan pencak silat yang berkembang pesat dan memiliki pengikut, disamping sebagai olah raga pencak silat juga ajang menjalin hubungan pertemanan.

Perkembangan pencak silat diberbagai daerah di Indonesia cukup pesat. Salah satu, di Madiun, sehingga Madiun  mendapat julukan kampung pesilat, hal tersebut tak lepas dari banyaknya Perguruan silat yang berkembang di Madiun dengan jumlah mencapai 12 Perguruan. Beberapa Diantara adalah berpusat dimadiun atau bahkan berdiri dikota tersebut.

Pencak silat lebih dari sekedar seni mempertahankam diri atau membela diri, didalamnya ada ajaran tentang pendidikan, karakter, Berbudi luhur dan kerohanian.

Di dalam juga diajarkan bagaimana kita mencari jati diri kita sebagai manusia cipta Tuhan Yang Maha Esa. Dan juga diajarkan bagaimana kita harus bisa mengontrol emosional dan nafsu, kita baik dalam hal duniawi, karena manusia diciptakan dari beberapa unsur yaitu: nafsu, akal, dan iman. Semua itu harus bisa dikontrol dan ditempatkan pada porsinya masing-masing, selain itu diajarkan bagaimana mengontrol mental spiritual, emosional dan nafsu kita agar supaya bisa menjadi manusia yang berguna dan bermanfaat dalam lingkungan masyarakat.

Namun, dengan Isi ajaran pencak silat yang begitu Baik , Pada beberapa tahun Ini sering sekali terjadi bentrokan antar perguruan silat bahkan sampai merenggut korban. Kejadian semacam ini  meresahkan warga karena Setiap kejadian berakibat banyak rumah yang rusak terkena lemparan batu.

Penyebab bentrokan seperti ini biasanya dipicu beberapa oknum yang menyulut emosi perguruan lain, Seperti Beberapa bulan belakangan ini sering terjadi bentrok antara 4 Perguruan Pencak silat. awal dari memanas nya situasi ini berawal dari salah satu unggahan vidio dalam sosial media dari salah satu oknum perguruan dalam vidio yang beredar oknum pesilat tersebut dianhgap menghina tiga perguruan pencak silat yang berpusat pada kawasan Madiun, Dalam vidio tersebar luas di media sosial oknum dari perguruan silat mengatakan Punjer Madiun Sepele yang kata tersebut mengarah ke perguruan silat PSHW,PSHT,dan IKS.PI yang mana ke tiga  perguruan pencak silat berpusat di madiun akibat tindakan tersebut menyulut emosi dari Ketiga perguruan pencak silat, akibatnya kejadian bentrok dan penyerangan di beberapa kota di wilayah jawa timur dan khususnya di wilayah Madiun.

Perlu adanya Pembinaan dari dalam organisasi tersebut yang mana seharusnya pencak silat adalah wadah untuk mendidik menjadi manusia yang berbudi luhur, Pendidikan Karakter dan Moral, Serta Kerohanian ,namun dengan di tandai aksi aksi anarkisme yang marak terjadi belakangan ini yang di lakukan oleh oknum perguruan silat menandakan bahwa ajaran tersebut berarti telah hilang, maka perlu adanya binaan atau ajaran budi terhadap siswa-siswa perguruan silat,  Para pelatih dan sesepuh harus ikut andil agar para calon warga ini tidak menjadi bringas atau anarkis dalam menyelesaikan permasalahan.

Tentang Penulis : Toriq Andry Yulianto Mahasiswa UMM dari jurusan Agroteknologi angkatan 2020.

*Opini di atas merupakan tanggung jawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggung jawab Bloranews.com.

Verified by MonsterInsights