fbpx

CEK WISATA, GANJAR: KURANG TEMPAT SAMPAH

Wisata alam Grojogan Sewu.

Karanganyar, BLORANEWS – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo ingin memastikan masyarakat dapat merayakan Idul Fitri dengan aman dan nyaman. Oleh sebab itu, Ganjar kembali melakukan pengecekan di sejumlah tempat jelang mudik lebaran.

Kali ini, Ganjar mengecek jalan sepanjang Solo-Karanganyar dan sejumlah destinasi pariwisata di Tawangmangu.

Dari hasil pantauan di lapangan, kondisi jalan yang dilewati Ganjar dari Solo menuju Tawangmangu cukup mulus. Tidak ada kerusakan jalan parah di jalur itu.

“Tadi kami ngecek ya, sepanjang jalan antara Solo sampai ke Tawangmangu, jalannya relatif bagus. Mudah-mudahan tidak ada cuaca ekstrem ya karena potensi longsor di sekitar Tawangmangu ini cukup tinggi,” katanya.

Ganjar juga mengecek dua destinasi wisata yang kemungkinan akan ramai dikunjungi masyarakat saat libur lebaran. Dua lokasi yang dicek Ganjar, yakni Taman Balekambang dan Grojogan Sewu.

Di tempat itu, Ganjar mengecek kesiapan pengelola menyambut wisatawan saat libur lebaran dengan detail.

Sejumlah hal dicek Ganjar dengan detail Misalnya di Grojogan Sewu. Di tempat wisata alam itu Ganjar melihat masih kurang fasilitas tempat sampah. Sehingga, pengunjung buang sampah sembarangan.

“Ini ditambah ya mas, biar pengunjung tidak buang sampah sembarangan. Terus diedukasi pengunjungnya juga,” pintanya.

Di tempat itu, Ganjar juga mengecek sejumlah wahana permainan. Ada tempat selfie, permainan anak dan lainnya.

“Saya ingatkan kepada semua pengelola pariwisata, tolong diaudit venue-venue di mana permainan itu sering dipakai. Umpama tempat-tempat selfie, pastikan kokoh. Lalu ada kayak flying fox begitu, diaudit dulu dan dipastikan aman. Jembatan-jembatan yang menyeberang sungai-sungai pastikan aman,” tegasnya.

Hal itu penting agar para wisatawan bisa berlibur dengan tenang. Keamanan mereka terjamin karena venue sudah diaudit agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

“Jadi kepada semua pengelola wisata, saya minta semuanya siap. Audit sekarang dan pastikan aman. Sehingga nanti pada saat libur lebaran, terus banyak yang piknik begitu mereka bisa aman,” pungkasnya. (Kin)