fbpx

CITILINK AKUI ADA PENURUNAN VOLUME PENUMPANG

VP Corporate Secretary & CSR PT Citilink Indonesia akhirnya buka suara terkait Penghentian sementara rute Citilink dari dan menuju Blora. Penyebabnya adalah penurunan volume penumpang dan adanya program revitalisasi Bandara Halim Perdanakusuma yang dilakukan sejak akhir Januari 2022 lalu.
PENERBANGAN: Maskapai penerbangan Citilink saat mendarat di Bandara Ngloram, Cepu, Blora belum lama ini.

Blora – VP Corporate Secretary & CSR PT Citilink Indonesia akhirnya buka suara terkait Penghentian sementara rute Citilink dari dan menuju Blora. Penyebabnya adalah penurunan volume penumpang dan adanya program revitalisasi Bandara Halim Perdanakusuma yang dilakukan sejak akhir Januari 2022 lalu.

Diberitakan sebelumnya, akibat minim penumpang, maskapai penerbangan Citilink menghentikan operasi penerbangan di Bandara Ngloram, Cepu, Blora. Penghentian sendiri sudah sejak Bulan Maret kemarin. Hingga saat ini juga belum ada kejelasan kapan Maskapai Citilink akan kembali mendaratkan pesawatnya di Bandara yang sempat diresmikan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo tersebut.

VP Corporate Secretary & CSR PT Citilink Indonesia, Diah Suryani Indriastuti mengaku penghentian sementara rute Citilink dari dan menuju Blora dilakukan menyusul adanya program revitalisasi Bandara Halim Perdanakusuma yang dilakukan sejak akhir Januari 2022 lalu.

BACA JUGA :  ARIEF ROHMAN BUKA KEMUNGKINAN APRIL CITILINK TERBANG DARI HALIM KE NGLORAM

Selain itu, adanya Pandemi Covid-19 di Indonesia, berdampak cukup signifikan bagi Industri Penerbangan. Khususnya terhadap penurunan volume penumpang yang melakukan perjalanan melalui transportasi udara. Terkait kepastian kapan Citilink kembali terbang ke Bandara Ngloram, hingga kemarin belum mendapatkan kejelasan.

“Dengan terbatasnya mobilitas masyarakat membuat maskapai perlu melakukan evaluasi secara berkala terhadap rute-rute. Khususnya guna menekan biaya operasional sebagai strategi maskapai untuk bisa bertahan di masa Pandemi ini,” terangnya.

Minimnya penumpang juga disampaikan Ketua Satuan Pelaksana Bandara Ngloram, Abdul Rozaq. Di mana, sejak Maret kemarin penerbangan Citilink memang Off. Begitu juga dengan bulan April ini. Infonya penerbangan kembali menunggu revitatisasi Halim Perdana Kusuma selesai.

BACA JUGA :  JALIN KERJASAMA DENGAN CITILINK, BUPATI BLORA SIAP JADI KOMANDAN PROMOSI

“Harapannya sih, meski Halim dibangun, tetap ada rute baru. Tapi Citilink pasti punya hitung-hitungan sendiri,” terangnya belum lama ini.

Untuk Rute Cepu-Surabaya-Jakarta juga belum ada jalan lagi.

“Kemarin beberapa kali penerbangan okupansinya kurang bagus. Akhirnya Citilink untuk sementara tidak ada operasional untuk rute Surabaya,” tambahnya.

Untuk kegiatan saat ini, Bandara Ngloram tetap buka. Hanya saja penerbangannya tidak ada.

“Kita tetap operasional. Yang tidak ada hanya penerbangan komersial. Kemarin juga melayani penerbangan dari kepolisian,” imbuhnya.

Sebelumnya, Penerbangan Bandara Ngloram-Halim Perdana Kusuma Jakarta resmi dialihkan sejak 26 Januari 2022. Yang awalnya rute Halim (HLP)-Blora (CPF) PP menjadi rute Jakarta (CGK)-Surabaya (SUB)-Blora (CPF) PP. Dari Surabaya-Ngloram pukul 08.30. Dari Cepu-Surabaya pukul 10.30. Setelah itu ke Jakarta.

BACA JUGA :  TRANS NUSA DAN WINGS AIR DIKABARKAN BERMINAT BUKA PENERBANGAN DARI NGLORAM

Selain itu, Citilink juga melakukan pengalihan rute untuk penerbangan rute Halim (HLP)-Yogyakarta (JOG) PP. Dialihkan menjadi rute Jakarta (CGK)-Kulonprogo (YIA) PP. Penyebabnya adanya program revitalisasi Bandara Halim Perdanakusuma yang dimulai pada Rabu, (26/1) lalu.

Dengan adanya sistem transit tersebut, penumpang bisa ke Jakarta lewat Surabaya. Bisa terkonekting ke Balikpapan, bisa ke Banjarmasin, Denpasar maupun di Batam dan Bandung. Dengan penerbangan ini, sedulur yang ada di Balikpapan, Bali dan Papua bisa menikmati penerbangan ke Bandara Ngloram, Blora. (sub).