fbpx

COKLIT TAHAP II, BLORA LAMPAUI TARGET NASIONAL

Mbah Lasiyo (memakai ikat kepala) bersama anggota KPU Jateng Muslim Aisha.

Blora – Pelaksanaan kegiatan Pencocokan dan penelitian (Coklit) pada tahapan Pemutakhiran Data dan Daftar Pemilih Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng Tahun 2018 di Kabupaten Blora telah memasuki 10 hari tahap III.

Pada tahap II yang berakhir pada tanggal 8 Februari lalu, pencoklitan ternyata telah mencapai 81,68%. Capaian tersebut telah melampaui dari yang ditargetkan secara nasional yaitu 80%.

 

Mbah Lasiyo (memakai ikat kepala) bersama anggota KPU Jateng Muslim Aisha saat monitoriing coklit di kampung samin Klopoduwur.

 

Divisi Perencanaan dan Data KPU Blora Ita Sadrini mengatakan bahwa kegiatan pencoklitan di Kabupaten Blora sejauh ini berjalan lancar.

Beberapa kendala yang ditemui Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) di lapangan diantaranya pemilih yang tidak bisa ditemui di rumah, pemilih yang pindah domisili tapi tidak mengurus surat pindah, pemilih yang rumahnya kosong, pemilih yang bekerja di luar daerah/luar negeri bertahun-tahun tidak pulang, dan sebagainya.

“Kendala di lapangan pasti lah ada, namun sejauh ini sudah bisa kami atasi,” jelas Ita Sadrini, Selasa (13/02).

Pada tahap II sebanyak 369.448 pemilih telah dicoklit dengan perincian 182.093 laki-laki dan 187.355 perempuan. Sedangkan yang belum dicoklit sebanyak 82.862 pemilih atau 18,32 persen.

“Melihat perkembangan hasil kerja yang demikian, kami optimis bahwa proses coklit yang tersisa kurang dari 20% itu bisa selesai sesuai jadwal. Bahkan sangat mungkin akan dapat selesai sebelum tahapan coklit berakhir pada 18 Februari nanti,” lanjutnya.

Menurut Ita, jika coklit telah diselesaikan sebelum tahapan berakhir, maka waktu yang tersisa dapat digunakan untuk meneliti dan mengoreksi apakah masih ada proses atau pengisian data yang kurang benar.

Ita juga mengatakan, sejauh evaluasi yang dilakukan KPU Blora, PPDP sudah semakin baik kinerjanya. Hal ini menguatkan harapan terwujudnya daftar pemilih yang akurat dan mutakhir.

Penyunting : Aribpak’i

 

Verified by MonsterInsights