fbpx

SABUN CAIR TOP CLING : DARI SABUN CUCI CIPTAKAN PEMUDA MANDIRI

  • Bagikan
Pemuda nusantara
Proses pembuatan sabun cuci oleh para pemuda yang tergabung di Lembaga Pemuda Nusantara Blora desa Sempu – Kunduran
Pemuda nusantara
Proses pembuatan sabun cuci oleh para pemuda yang tergabung di Lembaga Pemuda Nusantara Blora desa Sempu – Kunduran

Kunduran (27.97.2016) Pengangguran kerap kali menjadi masalah di sebuah daerah. Pembekalan pemuda dengan keahlian menjadi sangat penting untuk melawan masalah laten ini. Hasil dari pembekalan tersebut dapat menjadi jalan keluar untuk membuka lapangan kerja, sehingga meminimalisir pengangguran yang ada.

Di desa Sempu Kecamatan Kunduran, sejumlah pemuda yang tergabung di Lembaga Pemuda Nusantara (LPN) Blora, berhasil menciptakan formula sabun cuci yang saat ini sudah didistribusikan di banyak pengecer di beberapa Kecamatan di Blora bahkan mulai merambah ke Kecamatan Ngaringan dan Kecamatan Kradenan di Kabupaten Grobogan.

Jenis produk  yang dihasilkan  ini beraneka ragam. Mulai dari sabun cuci piring dan peralatan dapur, pembersih lantai, pengkilap body kendaraan, dan semir ban. Sebagian besar konsumen puas dengan kualitas produk yang dihasilkan.

Lilik Zubaidi “Mahatva”, penggagas kegiatan menyampaikan bahwa aktivitas produktif ini bertujuan untuk menumbuhkan keahlian dari para pemuda. “Pemberdayaan pemuda desa sangat penting, sebagian besar dari pemuda ini merasa terpinggir karena jenjang pendidikan dan kondisi perekonomian mereka” tutur Ketua Umum KAMABA Jogjakarta 2005 – 2009 ini.

“Produk sabun cair Top Cling ini merupakan hasil inovasi Kami. Kami menggunakan endapan air jerami yang banyak tersedia di desa Sempu. Saat ini wilayah pemasaran produk ini telah merambah banyak kecamatan di Blora, bahkan telah sampai di Kabupaten Grobogan. Ini membuktikan bahwa inovasi dan kreativitas pemuda desa telah diakui oleh pasar” lanjut Lilik Zubaidi yang juga pengurus teras GP Ansor Blora ini.

Kepala Desa Sempu, Suwarno mengapresiasi aktivitas pemberdayaan yang dilakukan oleh pemuda ini . “ Produksi Top Cling secara bertahap telah mengurangi pengangguran di desa ini. Apalagi bahan utama produk ini adalah endapan air jerami yang banyak tersedia di desa. Ke depan, semoga dapat menginspirasi banyak pihak sehingga pemerataan ekonomi masyarakat desa Sempu dapat terwujud ” harap Kepala Desa penerima penghargaan pengelolaan air bersih tingkat nasional ini.

Reporter          : Afwan Hakim Mukri

Foto                 : Dokumentasi LPN Desa Sempu – Kunduran

banner 120x500
  • Bagikan
error: Konten dilindungi!!