fbpx

EDARKAN OBAT TERLARANG, WARGA KUNDURAN DIRINGKUS POLISI

EDARKAN OBAT TERLARANG, WARGA KUNDURAN DIRINGKUS POLISI
EBP (24) diduga mengedarkan obat tetlarang.

Blora – Seorang warga Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora berinisial EBP (24) diduga pengedar obat terlarang jenis Hexymer Trihexyphnidyl diringkus Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polres Blora. 

Kapolres Blora AKBP Wiraga Dimas Tama melalui Kasatresnarkoba Iptu Edi Santosa, menjelaskan, bermula dari laporan masyarakat, setelah melakukan penyelidikan, tim Satresnarkoba Polres Blora akhirnya membekuk tersangka saat berada di pinggir sungai di bawah jembatan turut desa Gagakan Kunduran diduga akan bertransaksi. 

“Kami amankan pelaku di wilayah desa Gagakan Kunduran. Total pil Trihex yang disimpan pelaku yakni sebanyak 1.088 butir” terang Edi Santosa, Senin, (04/10/2021).

Dalam praktiknya, menurut Edi, pelaku mengaku telah empat kalibertransaksi dan menjual pil terlarang tersebut kepada teman sepergaulannya. Barang tersebut didapat dari luar kota dengan transaksi secara online melalui media sosial dan dikirimkan melalui jasa pengiriman paket.

“Dari modal awal Delapan Ratus Ribu Rupiah, pelaku bisa mengumpulkan uang menjadi Tiga Juta Rupiah Lebih,” terangnya. 

Edi Santosa berpesan agar selalu mengawasi anak- anak terutama dalam pergaulan, jangan sampai terjebak dalam lingkaran narkotika. Karena jika sudah kecanduan obat obat terlarang tersebut dapat merusak masa depan serta kesehatan seseorang. 

“Mari kita selalu waspada, terutama para orang tua, awasi anak anak sebagai generasi penerus bangsa, jangan sampai salah dalam pergaulan,” pungkasnya. 

Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya tersangka dijerat Primer pasal 197 Jo. Pasal 106 ayat (1) Subsidair pasal 196 Jo. Pasal 98 ayat (2) UU RI No. 36 tahun 2009 tentang Kesehatan dengan ancaman hukuman penjara maksimal 15 tahun.

Hexymer Trihexyphenidyl termasuk dalam jenis obat yang berbahaya dan dalam penggunaannya harus melalui resep dokter karena jika dikonsumsi sembarangan sangat membahayakan kesehatan seseorang. (Spt)