fbpx

GUBERNUR JATENG: PTS HARUS ADAPTIF DAN INOVATIF

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meminta agar Perguruan Tinggi Swasta (PTS) lebih adaptif dan inovatif lagi. Hal itu diucapkan usai membuka Musyawarah Wilayah V Asosiasi Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (ABP-PTSI), Provinsi Jawa Tengah di STIE Bank Jateng, Kota Semarang, Senin (5/9/2022).
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Semarang, BLORANEWS – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meminta agar Perguruan Tinggi Swasta (PTS) lebih adaptif dan inovatif lagi. Hal itu diucapkan usai membuka Musyawarah Wilayah V Asosiasi Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (ABP-PTSI), Provinsi Jawa Tengah di STIE Bank Jateng, Kota Semarang, Senin (5/9/2022).

Dalam kesempatan itu, Ganjar berpesan kepada pengelola PTS agar mempersiapkan operasional pembelajaran secara matang. Utamanya ihwal improvisasi teknologi digital sebagai instrumen pembelajaran.

BACA JUGA :  TANGANI PMK, PEMPROV JATENG TERJUNKAN TIM PENYULUH

“Saya sampaikan tadi tantangan bangsa ini menjadi semakin berat, saya berharap inovasi dan adaptasi dari perguruan tingginya juga secepat perkembangan zamannya. (Perguruan Tinggi) Swasta sebenarnya lebih luwes dalam arti lebih improve dalam beberapa kegiatan yang bisa sesuai dengan perkembangan zaman,” ucap Ganjar.

Menurut Ganjar, inovasi, adaptasi, dan improvisasi adalah elemen dasar yang harus dilakukan untuk mengejar perkembangan zaman. Semisal mendirikan fakultas baru yang relevan dengan kebutuhan zaman.

BACA JUGA :  GUBERNUR JATENG TEKANKAN INTEGRITAS DAN ANTIKORUPSI

“Selain itu tantangan ke depan juga terkait dengan transportasi, bisnis digital, serta kebutuhan pangan dan energi. Dua itu ke depan akan menjadi kebutuhan penting masyarakat yang harus mulai diatasi. Belum lagi persoalan lain yang juga harus bisa dicermati oleh perguruan tinggi sehingga bisa mengambil respons dengan cepat,” imbuh Ganjar. (*)

BACA JUGA :  PERKUAT EKSPOR, PEMPROV JATENG LUNCURKAN PELABUHAN HORTIKULTURA