HUJAN ES TERJADI DI SEBAGIAN KAWASAN TODANAN

Todanan- Fenomena hujan es terjadi di sebagian kawasan Kecamatan Todanan Kabupaten Blora. Peristiwa ini diawali dengan perubahan cuaca menjadi mendung, dan disertai berhembusnya angin kencang di kawasan tersebut.

 

Butiran es dalam hujan es yang terjadi di Kecamatan Todanan Kabupaten Blora

Butiran es dalam hujan es yang terjadi di Kecamatan Todanan Kabupaten Blora

 

Setidaknya, fenomena ini terjadi di tiga desa, yakni Ngumbul, Karanganyar dan Kacangan. Meski hanya berlangsung singkat, hujan es yang terjadi sekitar pukul 17.30 WIB sore tadi, sempat membuat warga penasaran.

“Hujan es terjadi sebentar, banyak warga yang menyaksikan. Ukurannya kecil-kecil. Terjadinya tidak lama, sekitar sebelum maghrib dan disertai angin kencang,” terang perangkat desa Ngumbul Kecamatan Todanan, Eko Sumarsono, Sabtu (09/11).

Meski demikian, tidak ada laporan adanya kerusakan rumah warga maupun fasilitas publik akibat hujan es. Fenomena ini menarik perhatian warga lantaran sejak hujan perdana beberapa minggu lalu, baru kali ini terjadi hujan es.

Disarikan dari bmkg.go.id, fenomena hujan es (hail, ing) hasil merupakan fenomena cuaca alamiah yang biasa terjadi pada musim transisi, dari musim kemarau menuju musim penghujan seperti sekarang ini, atau sebaliknya.

Kebanyakan, fenomena hujan es terjadi dengan disertai angin kencang disertai kilat dan petir. Karena lazim terjadi di musim transisi, hujan es merupakan fenomena alam biasa.  (jay)

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan