KOMISI A DPRD JATENG: PENGAWAS TPS DAN DESA HARUS DIPERKUAT

Blora – Komisi A DPRD Provinsi Jawa Tengah menyarankan agar Bawaslu lebih memperkuat kapasitas diri untuk pengawas yang ada di Pengawas Pemilu Desa/Kelurahan (PPKD) dan Pengawas TPS. Pasalnya pengawas tersebut langsung paling dekat dengan lapangan.

“Penguatan pengetahuan akan regulasi yang ada sangat penting bagi jajaran pengawas di desa atau pengawas TPS,” ujar Anggota Komisi A DPRD Provinsi Jateng Joko Hariyanto, saat melakukan monitoring di Bawaslu Kabupaten Blora, Selasa (6/11).

 

Sekretaris Komisi A DPRD Blora Ali Mansur HD

 

Bukan itu saja,  Bawaslu diharapkan juga lebih teliti dalam melakukan pengawasan saat perhitungan dan rekapitulasi suara saat berada di TPS. Menurut politisi asal PDI Perjuangan tersebut suara dari TPS harus benar-benar terjaga hingga ditingkat atas. “Jadi harus ada strategi khusus bagi Bawaslu dalam melakukan pengawasan ini,” pintanya.

Sementara itu, Sekretaris Komisi A DPRD Blora Ali Mansur HD menambahkan agar Bawaslu yang sekarang mejadi permanen mampu menjadi wasit yang baik untuk mewujudkan Pemilu 2019 yang berintegritas. Bukan hanya mengedepankan law enforcement atau penegakan hukum tetapi juga kebijakan yang sejuk dan bias diterima oleh seluruh eleman masyarakat, dan stakeholder.

“Bawaslu harus mampu membuktikan kalau  bisa mengawal demokrasi dan mewujudkan pemilu bermartabat,” kata Anggota DPRD asal Partai Nasdem ini.

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Comments are closed.