fbpx

KPU BLORA GELAR SOSIALISASI PEMILU 2024 DI RUTAN II B BLORA

KPU Kabupaten Blora.

Blora, BLORANEWS – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blora menggelar sosialisasi terkait pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Blora, Sabtu (20/1/2024).

Kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh Pejabat Struktural dan seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Aula Hanoman Rutan Kelas IIB Blora.

Sosialisasi ini bertujuan memberikan pemahaman kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Rutan Kelas IIB Blora mengenai pelaksanaan Pemilu dan tata cara coblos yang akan diselenggarakan pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang.

Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM KPU Kabupaten Blora, Ahmad Mustakim mengungkapkan, sosialisasi pemilu ini perlu dilakukan karena pentingnya suara untuk warga binaan yang tidak dicabut hak pilihnya.

“Ini juga hasil koordinasi dengan pihak Rutan IIB Blora. Sosialisasi ini menjadi penting mengingat pentingnya suara setiap warga termasuk warga binaan rutan,” ucap Ahmad Mustakim.

Selain mengenai pentingnya Pemilu, dalam sosialisasi ini Ahmad Mustakim memperkenalkan peserta Pemilu 2024 yang terdiri dari Presiden – Wakil presiden, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten.

“Kami jelaskan mengenai 5 surat suara yang akan digunakan. Tak lupa, disampaikan bahwa di lokasi khusus seperti Rutan, tidak semua WBP mendapatkan 5 surat suara. Hal ini karena untuk pemilihan DPD, DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten, pemilihnya disesuaikan dari masing-masing daerah atau Alamat sesuai KTP Elektronik,” jelas Ahmad Mustakim didampingi Sekretaris KPU Kabupaten Blora, Kasworo.

Pihaknya berharap, agar warga binaan mengetahui lebih banyak tentang Pemilu 2024, mulai tahapan yang sedang berjalan, yang akan berjalan dan tata cara nyoblos.

“Mungkin ada beberapa warga binaan yang masih awam dengan Pemilu, terlebih mereka juga memiliki akses informasi yang terbatas selama berada di Rutan. Kami berharap agar saat Pemilu nanti, Warga Binaan tidak salah menentukan pilihannya karena satu suara saja sangat berpengaruh untuk menentukan masa depan,” harap Ahmad Mustakim.

Sementara itu, Kepala Rumah Tahanan Kelas IIB Blora, Budi Hardiono, menyampaikan bahwa sosialisasi ini sangat penting untuk memberikan pemahaman kepada WBP mengenai hak dan kewajiban mereka sebagai warga negara.

“Ini merupakan kegiatan yang sangat penting; satu suara dari kita bisa menentukan masa depan Negara kita untuk 5 tahun ke depan. Oleh karena itu, diharapkan kepada kita semua untuk berhati-hati dan bijaksana dalam memilih,” tutur Budi Hardiono.

Sosialisasi ini, lanjut Budi Hardiono merupakan bagian dari kegiatan Rutan Blora untuk memastikan bahwa seluruh WBP dapat menggunakan hak suara mereka dengan baik dan benar.

Budi Hardiono berharap melalui sosialisasi ini, WBP akan lebih memahami pentingnya peran mereka dalam proses demokrasi serta menjadi bagian dari perubahan positif dalam masyarakat.

Di akhir sosialisasi, Karutan Blora Budi Hardiono menyampaikan ucapan terima kasih kepada KPU Kabupaten Blora yang sudah memberikan sosialisasi kepada Warga Binaan dengan baik. Beliau juga memberikan apresiasi kepada warga binaan yang sudah mengikuti kegiatan dengan tertib.

“Tentunya dengan adanya sosialisasi ini, Warga Binaan kami setidaknya bisa mengetahui alur-alur saat Pemilu digelar. Jadi, kami sangat berterima kasih kepada KPU Kabupaten Blora yang sejauh ini telah bekerja sama dengan kami dalam mengupayakan hak pilih mereka,” pungkas Budi Hardiono. (Dj)