fbpx

KPU BLORA SIMULASIKAN PEMUNGUTAN SUARA SECARA DETAIL

Bupati Blora Arief Rohman dalam kegiatan Simulasi Pemantapan Pemungutan dan Perhitungan suara Pemilu 2024 KPU Blora.

Blora, BLORANEWS – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blora menggelar Simulasi Pemantapan Pemungutan dan Penghitungan Suara pada Pemilu 2024 di TPS 07 Desa Jepangrejo, Kecamatan Blora, Kabupaten Blora.

Dalam kesempatan itu, pihak KPU Blora mensimulasikan secara detail tahapan pemungutan suara mulai dari rapat, pendaftaran pemilih, pemberian surat suara, pencoblosan, penghitungan suara, hingga rekapitulasi suara.

Divisi Teknis KPU Blora Ahmad Solikin mengatakan, Kegiatan ini diikuti sebanyak 195 peserta yang terdiri dari petugas KPPS, pengawas, pemantau, saksi serta pemilih.

“Simulasi ini bertujuan untuk mengetahui atau menghitung rata-rata perpemilih dalam melakukan pemungutan suara, menghitung waktu proses penghitungan suara dan rekap,” ujarnya, Senin (29/1/2024).

Sementara itu, Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM KPU Blora Ahmad Mustakim menambahkan, simulasi kali ini digelar agar bisa menjadi gambaran pelaksanaan pungut hitung di TPS pada pelaksanaan Pemilu Februari mendatang.

“Kami ingin dengan simulasi ini, petugas KPPS nantinya sudah siap untuk melaksanakan tugas-tugasnya,” ujarnya.

Bupati Blora Arief Rohman yang hadir dalam kegiatan itu pun turut membimbing peserta dengan menunjukkan contoh surat suara yang nantinya akan digunakan di Pemilu 2024.

“Jadi ada lima surat suara. Bapak/Ibu nanti tanggal 14 Februari akan ada hajatan yang menentukan nasib bangsa kita kedepan,” ucap Bupati Arief. (Dj)