fbpx

KSPPS AL-ROUDLOH SANTUNI 120 ANAK YATIM DI BLORA

Santunan anak yatim oleh KSPPS Al-Roudloh.

Todanan, BLORANEWS – Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Al-Roudloh menggelar kegiatan santunan anak yatim di Dukuh Manggir, Desa Ngumbul, Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora pada Minggu, 31 Maret 2024.

Kegiatan santunan ini merupakan serangkaian kegiatan sosial keagamaan yang digelar oleh KSPPS Al-Roudloh di Bulan Suci Ramadan. Adapun lokasi kegiatan bertempat di garasi Bus Al-Roudloh Trans, yang berada di kantor pusat KSPPS Al-Roudloh.

Dijelaskan Priyono selaku ketua panitia, acara santunan ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang diadakan oleh KSPPS Al-Roudloh. Tercatat sudah berjalan kurun waktu 13 tahun sedari tahun 2012.

“Kalau di tahun-tahun sebelumnya biasanya diadakan pada bulan muharram, untuk tahun 2024 ini pengurus menempatkan di Bulan Ramadan, dengan pertimbangan agar santunan yang diberikan dapat meringankan kebutuhan dan memberikan kebahagiaan kepada anak yatim, khusunya saat merayakan hari raya idul fitri nanti,” jelas Priyono, Senin (1/4/2024).

Terpisah, Ketua Pengurus KSPPS Al-Roudloh Nur Kolis mengatakan, kegiatan yang rutin diselenggarakan tiap tahun ini bertujuan untuk membangun kebersamaan antara perusahaan dengan masyarakat sekitar. Kemudian juga sebagai bentuk pengejawantahan dari tata nilai peduli perusahaan, peduli karyawan, serta peduli sosial.

Selain kegiatan sosial, lanjut Nur Kolis, lembaganya juga rutin menyalurkan bantuan kepada unit pendidikan dibawah naungan Yayasan Al Roudloh. Baik berupa bantuan kompensasi guru, beasiswa murid berprestasi, hingga bantuan operasional dan bantuan sosial tahunan dari dana sosial SHU.

“Pada tahun 2023 total bantuan yang disalurkan oleh KSPPS Al-Roudloh kepada unit-unit pendidikan di naungan Yayasan kurang lebih sebesar Rp 53.000.000,” paparnya.

Pemberian bantuan ini sudah menjadi program rutin, sebagai bentuk ikatan emosional kepada Yayasan Al Roudloh yang merupakan embrio berdirinya koperasi.

Untuk diketahui, kegiatan santunan melibatkan 120 anak yatim dari berbagai desa di wilayah kerja KSPPS Al-Roudloh. Seperti kantor Todanan, Kunduran, Banjarejo dan Jati.

Adapun kegiatan kali ini mengangkat tema “Menebar Kebaikan di Bulan Ramadhan; Santunan Anak Yatim, Berabagi Takjil, Hataman Al-Qur’an dan Buka Bersama KSPPS Al-Roudloh”, dengan rangkaian kegiatan meliputi Tahtimul Qur’an, berbagi takjil, buka bersama, serta agenda utama santunan anak yatim.

Diketahui, acara dimulai pukul 14.00 WIB dan diakhiri dengan tausiyah oleh penceramah muda asal Margoyoso Pati, Gus Taufiq yang merupakan alumni International University of Afrika (IUA) Sudan.

Turut hadir dalam kegiatan, tokoh agama di wilayah setempat, tokoh masyarakat, serta jajaran Fokopimcam Todanan. (Ipg)