fbpx

LEBIH DEKAT DENGAN SAKA WANABAKTI BLORA

Saka Wanabakti dalam Lomba Lintas Hutan di Bojonegoro, Jawa Timur.

Blora – Saka Wanabakti merupakan salah satu Satuan Karya Pramuka dengan agenda yang cukup padat di Blora. Sebagian besar kegiatan Saka Wanabakti dilaksanakan di hutan. Di Blora, kantor Saka Wanabakti berada satu kompleks dengan kantor Perhutani, Jalan dr Soetomo nomor 56 Blora.

 

Saka Wanabakti dalam Lomba Lintas Hutan di Bojonegoro, Jawa Timur.

 

Samuel Sem Manayang, salah satu Pembina Saka Wanabakti Blora memaparkan lebih lengkap tentang satuan Pramuka yang terlibat dalam pengibaran bendera raksasa Merah Putih di Goa Terawang pada HUT RI ke- 72 ini.

“Pemimpin Saka Wanabakti adalah Adm Perhutani Blora sedangkan ketua harian Saka Wanabakti dijabat Wakil Adm Blora. Beliau berdua selalu mendampingi kegiatan Saka Wanabakti,” ucap Samuel, Selasa (03/10).

Kegiatan Saka Wanabakti cukup beragam, mulai dari kegiatan di dalam ruangan (indoor) sampai kegiatan luar ruangan yang menguras energi.

“Setiap hari Sabtu, kita mengadakan latihan rutin. Ada juga kegiatan latihan outbond yang dilaksanakan setiap tiga bulan sekali,” lanjut aktivis Pramuka yang kini bekerja honorer di Humas Polres Blora.

Terakhir, Saka Wanabakti Blora mengikuti Lomba Lintas Hutan di Bojonegoro awal September kemarin. Meski belum berkesempatan memenangkan gelar juara dalam lomba ini, mengikuti Lomba Lintas Hutan menjadi pengalaman yang berkesan bagi Saka Wanabakti Blora.

“Lombanya hanya satu hari, tanggal 3 September kemarin. Lokasinya di kawasan obyek wisata Khayangan Api Bojonegoro. Peserta dari sejumlah sekolah di Bojonegoro dan Blora. Panjang lintasan yang harus ditempuh sekitar 20 Kilometer,” jelas Samuel.

Dalam Lomba Lintas Hutan di Bojonegoro itu, ada lima pos yang menguji kemampuan peserta dalam penguasaan Semaphore, menaksir tinggi dan lebar suatu objek, dan mengetahui nama latin tumbuhan. Peserta juga harus mampu membaca peta dan menguasai kompas.

“ Agenda terdekat Saka Wanabakti Blora adalah Kemah Penerimaan Anggota Baru di Goa Terawang bulan Oktober depan. Bulan Desember, Saka Wanabakti Blora akan mengagendakan Lomba Lintas Hutan yang akan kita adakan sendiri,” pungkas Samuel yang aktif dalam Pramuka Saka Wanabakti  sejak tahun 2010 ini.

Reporter : Solihati Suraban