5 MAKANAN KHAS KOTA MUSTIKA

Blora (27.07.2016) Makanan lokal merupakan salah satu daya tarik pariwisata suatu tempat. Di Blora berbagai sajian kuliner tersedia hampir merata di banyak tempat. Dari makanan yang biasa disantap setiap hari sampai makanan musiman ada di Kabupaten di ujung timur Jawa Tengah ini. Berikut ini lima makanan terlezat yang ada di Kabupaten Blora.

  1. Pecel BloraPecel Blora

Pecel merupakan makanan yang terdiri atas berbagai sayuran rebus yang disiram dengan saus sambal kacang. Sayuran yang ada pada pecel meliputi tauge, daun ubi jalar, kol dan bunga turi. Pecel biasa dinikmati pada saat sarapan pagi atau makan malam. Di Blora terdapat banyak penjual pecel. Lazimnya, pecel dinikmati dengan nasi hangat ataupun lontong.

  1. Sate Ayam BloraSate Ayam Blora

Sate ayam Blora menjadi ciri khas, bahkan ikon kota Blora. Sate ayam sebagai ikon Blora tampak pada keberadaan tugu Sate di perbatasan Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora dengan Kecamatan Wirosari Kecamatan Grobogan. Ciri khas sate Blora adalah pada sausnya, saus kacang yang dihaluskan sangat memanjakan lidah penikmat kuliner.

  1. Tape Singkong SugihanTape Singkong Sugihan

Tape merupakan fermentasi dari ketela yang memiliki rasa kombinasi manis dan asam. Di Blora terdapat jenis tape yang sangat terkenal, Tape Sugihan. Sugihan merupakan nama tempat tape ini dibuat, lokasinya berada di Desa Mojowetan Kecamatan Banjarejo. Di pasar tradisional kota Blora, para penikmat kuliner bisa mendapatkan tape ini dengan harga yang sangat terjangkau.

  1. DumbegDumbeg blora

Dumbeg merupakan kue musiman yang ada di Blora, dengan kata lain tidak setiap hari terdapat kue unik ini. Dumbeg hanya ada pada saat upacara Sedekah Bumi. Dumbeg terbuat dari adonan tepung beras dan gula jawa. Pembungkus Dumbeg terbuat dari daun kelapa yang digulung sedemikian rupa sehingga berbentuk menyerupai terompet.

  1. UngkerUngker blora

Ungker Jati merupakan makanan musiman paling populer di Kota Mustika. Ungker adalah kepompong ulat daun Jati, biasanya dimasak menjadi Tumis Ungker. Blora yang sebagian besar wilayahnya berupa hutan Jati merupakan faktor utama lahirnya kuliner ekstrim ini.

Editor              : Tim Litbang Bloranews.com

Foto                 : Tim Grafis Bloranews.com

BACA JUGA :

5 KESENIAN KHAS KABUPATEN BLORA

5 KERAJINAN RAKYAT YANG ADA DI KABUPATEN BLORA

5 DESTINASI WISATA BELANJA KOTA MUSTIKA

5 JAMU TRADISIONAL YANG POPULER DI BLORA

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Comments are closed.