fbpx

MENTERI PUPR PASTIKAN BENDUNGAN RANDUGUNTING SELESAI 3 JANUARI 2022

  • Bagikan
PEMBANGUNAN BENDUNGAN RANDUGUNTING TARGETKAN 95,03% PADA AKHIR TAHUN
BENDUNGAN RANDUGUNTING: Pembangunan Proyek strategis nasional, Bendungan Randugunting di Desa Kalinanas, Kecamatan Japah Blora.

Japah – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Mochamad Basuki Hadimuljono memastikan bendungan Randugunting di Desa Kalinanas, Kecamatan Japah, Kabupaten Blora selesai pada Senin (03/01).

“Senin besok sudah selesai semua. Saya kira bisa kalau lihat progresnya, karena tinggal merapikan. Besok Selasa setelah selesai perapian baru kita jadwalkan, mudah-mudahan Bapak Presiden bisa meresmikan,” jelasnya, Minggu (02/01).

Bendungan Randugunting yang ditinjau Basuki merupakan Proyek Strategi Nasional (PSN), dilaksanakan oleh Kementerian PUPR melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana, diketahui saat ini memasuki tahap akhir.

“Pekerjaan fisik bendungan berkapasitas 14,43 meter kubik telah rampung lebih cepat 10 bulan dari jadwal kontrak. Ini merupakan bendungan ke-14 yang akan diresmikan Presiden Jokowi dari 15 bendungan yang selesai 2021,” tambahnya.

Menteri Basuki didampingi oleh Dirjen Sumber Daya Air Jarot Widyoko, Direktur Jenderal Cipta Karya Diana Kusumastuti, Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan Endra S Atmawidjaja, Kepala BBWS Pemali Juana Kementerian PUPR Muhammad Adek Rizaldi dan Direktur Utama PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) Agung Budi Waskito.

Bendungan Randugunting dengan luas genangan 187,19 hektare berfungsi untuk mereduksi banjir sebesar 75% atau sebesar 81 m3/detik dengan pengurangan luas areal terdampak banjir dari 4.604 hektare menjadi 2.285 hektare. (Jam).

  • Bagikan