MERAUP LABA DENGAN BERTANI PEPAYA

Bogorejo – Ketika banyak petani cemas menghadapi musim tanam tahun ini, sejumlah petani Pepaya California justru mulai bergembira. Pasalnya, dalam beberapa minggu ke depan mereka akan merasakan manisnya panen raya.

Salah satu petani Pepaya California asal Desa Bogorejo Kecamatan Bogorejo Kasiran membenarkan hal ini. Panen Pepaya California ini, prosesnya tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Perlu kesabaran, ketelitian dan keberanian mengambil resiko yang harus dialami para petani.

 

Tanaman Pepaya California di Bogorejo milik Kasiran.

 

“Seperti banyak petani lainnya, awalnya kita tidak tau apa itu Pepaya California. Setelah ada sosialisasi dari PPL Pertanian Bogorejo kita berani menanamnya. Butuh waktu sekitar beberapa tahun untuk melihat hasilnya. Sekarang, tiap tahun kita bisa dapat omzet hingga puluhan juta dari tanaman ini,” ungkap Kasiran, Sabtu (25/11).

Senada dengan Kasiran, PPL Pertanian Bogorejo Agus Wibowo mengatakan semula petani hanya akan untung beberapa juta rupiah saja tiap panen.

“Dengan menanam 1500 pohon Pepaya California, di awal panen petani hanya akan mendapatkan omzet beberapa juta rupiah saja. Tapi tahun selanjutnya, omzet akan naik berlipat ganda,” jelas Agus Wibowo.

Agus menambahkan, jika hanya mengandalkan tanaman musiman saja, para petani akan impas tiap panen bahkan merugi. Tapi dengan merspon permintaan pasar, petani dapat mendapat keuntungan lebih. Ia berharap, ada banyak lagi petani yang mengikuti jejak Kasiran yang sukses bertani Pepaya California.

Reporter : Khoirunniam

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Comments are closed.