fbpx

PABRIK KERUPUK DI WANTILGUNG TERBAKAR, KERUGIAN CAPAI RP 80 JUTA

Pabrik kerupuk di Desa Wantilgung, Kecamatan Ngawen, Blora terbakar.

Blora, BLORANEWS – Pabrik kerupuk di Desa Wantilgung, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Blora hangus diamuk si jago merah pada Jumat (15/3) pagi sekitar pukul 09.30 WIB.

Kebakaran bermula saat salah seorang karyawan mengeringkan kerupuk di pengering (open) manual berkapasitas 300 kilogram. Pengering itu menggunakan api dengan arang. Tetiba, pengeringan dalam open tersebut mengeluarkan asap tebal.

Pemadam kebakaran yang datang pun memadamkan api di bagian open/pengering kerupuk. Jumlah armada yang dikerahkan sebanyak 2 unit mobil Damkar dan 2 unit mobil Suplai.

“Adapun penyebab peristiwa tersebut yaitu kurangnya pengawasan terhadap open kerupuk pada saat mengeringkan kerupuk dengan pemanas arang, sehingga timbul percikan api dan membakar seluruh tempat pengering atau open dan sebagian bangunan rumah,” ujar Camat Ngawen Zainuri, Jumat (15/3/2024).

Sementara itu, Kabid Damkar Satpol PP Blora Haryanto mengungkapkan kebakaran terjadi akibat kelalaian dari pekerja. Pihaknya langsung meluncur ke lokasi kejadian Setelah beberapa saat api berhasil dipadamkan.

“Kami menerima adanya laporan kebakaran terjadi sekitar pukul 09.30 WIB. Api berhasil dipadamkan sekitar 45 menit setelah kejadian. Kalau korban jiwa tidak ada. Untuk penyebab kebakaran karena kelalaian,” terangnya.

Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 10.15 WIB. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun pemilik pabrik, Suwoto (57) ditaksir mengalami kerugian sebesar Rp 80 juta. (Dj)