fbpx

PASAR SUMBER MAKMUR JEPON DIRESMIKAN

  • Bagikan
Peresmian Pasar Sumber Makmur Kecamatan Jepon oleh Dirjen PKP Kemendesa PDTT Ahmad Erani Yustika, Jumat (02/03).

Jepon – Pasar Sumber Makmur Kecamatan Jepon diresmikan oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Pembangunan Kawasan Perdesaan (PKP) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT), Prof Dr Ahmad Erani Yustika, bersama Bupati Blora Djoko Nugroho, Jumat (02/03).

Pasar Sumber Makmur merupakan unit usaha yang dikelola Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDESMA) antara Desa Puledagel, Desa Bacem dan Desa Kawengan Kecamatan Jepon. Pembangunan pasar ini diselesaikan pada 2017 kemarin.

Dalam kesempatan itu, Dirjen PKP Kemendesa PDTT Ahmad Erani Yustika memaparkan, mulai tahun 2018, dana desa dapat dipergunakan untuk patungan membangun fasilitas bersama. Menurut aturan sebelumnya, dana desa hanya diperbolehkan untuk membangun desanya sendiri.

“Contohnya beberapa desa patungan membangun pasar seperti ini. Tujuannya agar komoditas pertanian dari beberapa desa bisa dijual di pasar yang dikelola BUMDESMA. Ini diperbolehkan,” jelasnya.

Paparan ini direspon langsung oleh Bupati Blora Djoko Nugroho. Menurut Bupati, saat ini di Blora tidak ada industri besar yang bisa menyerap banyak tenaga kerja.

Sehingga sudah sepantasnya arah pembangunan pemerintah ditujukan ke sektor pertanian dan perdagangan yang kini tumbuh baik di pedesaan, termasuk UMKM.

“Saat ini angka kemiskinan Blora terus berkurang, dari sebelumnya peringkat 21 naik ke peringkat 19 dari 35 Kabupaten/Kota se Jawa Tengah. Hal ini juga karena adanya pertumbuhan ekonomi yang semakin baik di bidang pertanian dan perdagangan,” komentar Bupati.

Hadir dalam acara tersebut jajaran Forkopimda Blora, Asisten Sekda Bidang Pemerintahan, Asisten Sekda Bidang Pembangunan Ekonomi dan Kesra, Kepala Dinas terkait, Forkopimcam Jepon, seluruh Kepala Desa se Kecamatan Jepon dan para pendamping desa.

Penyunting : Amin Mahrus S.

  • Bagikan