fbpx
OPINI  

PEKAN TERAKHIR RAMADHAN DI BLORA : RAGAM WAJAH KEMISKINAN

kemiskinan di blora
Beberapa hasil bidikan lensa kamera Bloranews.com tentang realitas kemiskinan di Blora
kemiskinan di blora
Beberapa hasil bidikan lensa kamera Bloranews.com tentang realitas kemiskinan di Blora

Blora (30.06.2016)Ramadhan telah mencapai di minggu terakhir, secara spiritual minggu terakhir ini dipercaya merupakan hari-hari pernyataan janji Tuhan akan pembebasan dari siksa dan kemurkaan-Nya.

Ironisnya secara sosial janji Tuhan tentang pembebasan ini tidak lagi menarik bagi  sebagian besar manusia, kita lebih tertarik membahas hiruk pikuk menyambut lebaran dengan berbagai pendekatan hedonis. Sebagian besar, saat ini kita sangat tertarik membicarakan tentang ragam pernak-pernik lebaran yang harus dibeli atau jumlah tunjangan lebaran yang akan diterima.

BACA JUGA :  KEPENGURUSAN BERMASALAH, PEMERINTAH SEBAIKNYA TUNDA BANTUAN UNTUK KTH MBAH SARIMAN JAYA

Kabupaten Blora, dalam rilis Blora Dalam Angka 2015 menggambarkan situasi kemiskinan yang memperihatinkan. Tercatat dari enam belas kecamatan terdapat tujuh kecamatan yang memiliki prosentase kesejahteraan antara 60% – 74%, empat kecamatan memiliki prosentase kesejahteraan antara 50% – 54% dan lima kecamatan dengan tingkat kesejahteraan dibawah 50%. Angka-angka tersebut tidak hanya sebatas kajian global belaka, melainkan benar-benar terjadi dan memanggil kesadaran kita untuk peduli.

BACA JUGA :  EFEKTIF MARET 2021, MENILIK MANFAAT EKONOMI DIBALIK PPnBM 0%

Berbagai kelompok masyarakat berusaha untuk menyampaikan pesan-pesan kepedulian kepada para pengambil kebijakan agar segera merespon situasi yang ada. Sayangnya, suara-suara kelompok masyarakat ini direspon secara lambat atau bahkan cukup “ditampung” sebagai saran yang entah kapan akan ditindaklanjuti.

Tidak sulit menemui wajah kemiskinan Kabupaten Blora. Cukup dengan keluar dan melihat di sekeliling kita, maka potret-potret kemiskinan akan tampak jelas dan nyata. Secara langsung, kita dapat menilai apakah agenda-agenda peningkatan ekonomi masyarakat telah dilakukan ataukah agenda tersebut hanya menjadi jargon belaka.

BACA JUGA :  DARI SASTRA PULANG KE BLORA

Dengan rendah hati, harusnya kita semua belajar dari adik-adik kita dari berbagai komunitas muda yang dalam beberapa hari terakhir ini berjibaku menggalang dana untuk membantu sebisa mereka kepada mereka yang terlupakan oleh para pegambil kebijakan kota Mustika. [.]

Penulis   : Ajir SH.I

Foto      : Blora news

Sumber    : Analisis Divisi Litbang Bloranews.com