fbpx

PERILAKU ASWAJA SEBAGAI DASAR MODERASI BERAGAMA

Mahasiswa KKN IKMB IAIN Kudus.

Banjarejo, BLORANEWS – Mahasiswa KKN IAIN Kudus yang tergabung dalam Tim KKN IKMB 008 Desa Jatisari menanamkan perilaku Ahlussunnah Wal-Jamaah (Aswaja) ditengah masyarakat. Hal itu ditujukan agar masyarakat mampu memahami dan menerapkan konsep Moderasi Beragama yang didasari nilai-nilai Aswaja.

Dalam momen tersebut, para mahasiswa menggelar kegiatan tahlilan dan berjanzi sebagai perwujudan perilaku aswaja ditengah masyarakat. Tak hanya itu, mereka juga mengajarkan sikap saling menghormati, jujur, dan tolerasi antar sesama kepada warga Desa Jatisari, Kecamatan Banjarejo, Kabupaten Blora.

Pagelaran itu pun mendapat respon positif dari warga sekitar. Nampak, para warga sangat antusias mengikuti kegiatan yang digelar di Masjid Al Qamar Dukuh Temanjang dan Masjid Al Ikhlas Dukuh Tinatah itu.

Guru TPQ Masjid Al-Ikhlas, Mukminin mengemukakan, minimnya guru mengaji di Dukuh Tinatah berdampak pada kurang maksimalnya pembelajaran sehingga kualitas belajar murid-murid menurun.

“Selama saya menjadi guru ngaji, saya mengajar hanya dengan anak dan menantu saya, jadi dengan adanya mahasiswa KKN ini bisa sangat membantu kami mengajar anak-anak.” ujar Mukminin.

Mewakili warga Jatisari, Mukminin berharap agar Mahasiswa KKN IAIN Kudus bisa mencurahkan tenaga dan pikirannya untuk senantiasa menanamkan hal-hal positif kepada warga. Utamanya dalam hal penanaman nilai-nilai agama.

“Penanaman moderasi beragama yang dilakukan Tim KKN Desa Jatisari semoga bisa menjadi batu loncatan agar masyarakat dapat menjadi umat muslim yang rohmatan lil alamin,” harap Mukminin.

Verified by MonsterInsights