fbpx

PULUHAN DESA DI BLORA ALAMI KEKERINGAN KOMODITAS PADI

Blora, BLORANEWS – Puluhan Desa dari 14 kecamatan di Kabupaten Blora terpantau mengalami kekeringan komoditas padi. Fenomena itu tentu membuat para petani resah lantaran padi yang ditanam tidak bisa tumbuh dengan normal.

“Ini untuk komoditas padi. Dari laporan insidentil kekeringan, penyebabnya tidak ada hujan, sumber air dekat pertanaman habis, saluran irigasi dari bendungan sudah tidak mengalirkan air,” jelas Kepala Bidang (Kabid) Tanaman Pangan Hortikultura Perkebunan dan Peternakan (TPHPP) Dinas Pangan Pertanian Peternakan dan Perikanan (DP4) Blora, Rosalia Diah Erawati, Jumat 13 Mei 2024.

Berdasarkan laporan insidentil kekeringan per 31 Mei 2024, beberapa lahan terpantau masih mengusahakan pengairan dari sungai kecil yang letaknya relatif jauh.

“Sedangkan air di sungai tersebut semakin berkurang volumenya, hampir habis. Selain itu beberapa lahan merupakah tadah hujan,” lanjutnya.

Adapun puluhan Desa yang mengalami kekeringan komoditas padi meliputi, Desa Janjang Kecamatan Jiken. Desa Plosorejo, Desa Bekutuk, Desa Pilang Kecamatan Randublatung. Desa Seso, Desa Balong, Desa Geneng, Desa Sumurboto, Desa Bangsri dan Desa Brumbung, Kecamatan Jepon.

Kemudian, Desa Gedongsari, Desa Sidomulyo, Desa Sidomulyo, Desa Mojowetan, Desa Sendanggayam, dan Desa Bacem Kecamatan Banjarejo. Desa Gunungan dan Desa Cokrowati, Kecamatan Todanan.

Selanjutnya, Desa Nglangitan, Desa Keser, Desa Sitirejo, Desa Kedungrejo, Desa Gempolrejo, Desa Sambongrejo, Desa Tutup dan Desa Tamanrejo Kecamatan Tunjungan. Desa Kedungwaru dan Desa Bejirejo Kecamatan Kunduran. Desa Berbak, Desa Sarimulyo, Desa Wantilgung dan Desa Kendayaan Kecamatan Ngawen. Kelurahan Karangboyo dan Kelurahan Ngroto Kecamatan Cepu.

Berikutnya, Kelurahan Mlangsen, Desa Andongrejo, Desa Jepangrejo dan Desa Tempuran Kecamatan Blora. Desa Pojokwatu, Desa Gagakan, Desa Temengeng Kecamatan Sambong. Desa Pengkolrejo, Desa Padaan dan Desa Ngrambitan Kecamatan Japah. Desa Tobo dan Desa Randulawang Kecamatan Jati. (Wik)